KONSEP PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI YANG BENAR

Untuk Mengawali dalam belajar akuntansi atau menguasai akuntansi maka wajib bagi anda untuk memahami konsep Persamaan Dasar Akuntansi dengan Benar, Mengapa? Hal Ini karena dengan memahami dan menguasai persamaan dasar akuntansi dengan tepat maka akan menjadikan proses pencatatan traksaksi keuangan dengan tepat.

Adapun konsep persamaan dasar akuntansi yaitu sebagai berikut :

persamaan dasar akuntansi

Harta (Aktiva) dalam ilmu akuntansi diartikan sebagai sumber daya ekonomi yang dimiliki organisasi ekonomi atau perusahaan. Contoh atau jenis dari harta diantaranya yaitu kas, surat berharga, piutang usaha, perlengkapan, peralatan,mesin produksi, tanah, gedung dan lainnya.

Utang dalam ilmu akuntansi diartikan sebagai suatu kewajiban yang harus dibayar perusahaan kepada pihak lain karena perusahaan telah melakukan pinjaman. Contoh atau jenis dari utang diantaranya yaitu, utang usaha, utang gaji, utang bank dan sebagainya.

Modal, pengertian modal dalam akuntansi adalah hak pemilik perusahaan atau pemegang saham atas harta perusahaan.

Nah, Jadi Dalam Pencatatan transaksi keuangan dan perhitungannya anda harus berpedoman pada persamaan dasar akuntansi di atas yaitu Harta = Utang + Modal.

Ada variasi lain dari persamaan dasar akuntansi yang perlu anda ketahui yaitu persamaan Harta = Utang + Modal + (Pendapatan – Biaya), dalam persamaan ini anda dapat melihat ada 2 akun yang tambahan yaitu akun pendapatan dan biaya.

Pendapatan dan Biaya akan memengaruhi besarnya modal, Pendapatan akan menambah modal sedangkan biaya akan mengurangi modal. Jadi apabila pendapatan naik, maka modal akan naik. Sedangkan jika biaya naik maka modal akan turun.

Agar Pemahaman Anda Tentang Persamaan dasar akuntansi anda semakin Mantap!!!, silahkan anda berlatih mengerjakan soal terkat persamaan dasar akuntansi berikut ini :

Pada Bulan Februari 2018 Ibu Zahra mendirikan sebuah usaha jahit dengan nama “ Zahra Tailor”. Berikut ini adalah Transaksi – transaksi keuangan yang terjadi dalam 1 bulan:

  1. Pada tanggal 2 februari, Zahra sebagai pemilik usaha menyetorkan uang tunai sebesar Rp 30.000.000,00 sebagai modal awal untuk usaha.
  2. Tanggal 3 februari, Ibu Zahra membeli peralatan jahit yaitu kursi dan meja jahit seharga Rp 4.000.000,00 secara tunai.
  3. Tanggal 5 Februari, Ibu Zahra membeli perlengkapan jahit berupa benang jahit, jarum jahit, dan sebagainya, seharga Rp 1.000.000,00 secara kredit.
  4. Dalam waktu 3 Pekan, Zahra tailor telah mendapat pelanggan yang cukup banyak. Sebagai promosi usaha jahitnya yang masih baru, para pelanggan tersebut diberi kelonggaran untuk membayar dalam waktu beberapa minggu. Jumlah total tagihan kepada pelanggan – pelanggan Zahra tailor sampai dengan tanggal 15 Februari yaitu Rp 1.200.000
  5. Tanggal 20 Februari, Ibu Zahra membayar utang atas pembelian perlengkapan jahit tanggal 5 Februari sebesar Rp 1.000.000
  6. Tanggal 21 Februari, Ibu Zahra membayar sewa kios untuk usaha jahitnya sebesar Rp 300.000,00 untuk bulan februari.
  7. Pada 23 Februari Zahra tailor membayar gaji bulan Februari untuk karyawannya senilai Rp500.000
  8. Pada 24 Februari, pembayaran diterima sebesar Rp 900.000,00 dari para pelanggan yang telah menerima jasa jahit hingga tanggal 15 Februari.
  9. Pada 25 Februari 2018 Zhara Tailor telah selesai memberikan jasa jahitnya kepada para pelanggan senilai Rp3.000.000, namun Zahra tailor belum menerima pembayaran dari pelanggan karena pelanggan diberi kelonggaran melakukan pembayaran sampai awal maret 2018.
  10. Pada 26 bulan Februari, dibayar biaya listrik dan air sebesar Rp 200.000
  11. Persediaan perlengkapan jahit yang masih tersisa pada tanggal 28 Februari berjumlah Rp300.000
  12. Pada tanggal 28 Februari, Ibu Zahra mengambil uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp 500.000

Sahabat, sekarang cobalah anda kerjakan soal di atas, catatlah transaksi diatas kedalam table persamaan dasar akuntansi. jika anda dapat mengerjakannya dengan benar maka anda sudah paham tentang persamaan dasar akuntansi yang dibahas dalam artikel ini.

Simak Juga Cara Tepat Menentukan Posisi debit dan Kredit suatu akun

Jika anda sudah selesai mengerjakannya, silahkan cocokan jawaban anda dengan jawaban kami berikut ini :

Tabel Persamaan Dasar Akuntansi
Bagaimana hasilnya pengerjaan anda? Sudah benar semua atau masih ada yang salah? Jika masih ada yang salah silahkan ceritakan kesulitanmu dikolom komentar, nanti akan kami respon, jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman anda.

Kesimpulan :
Berdasarkan pembahasan yang telah dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa persamaan dasar akuntansi adalah sebuah persamaan yang menunjukan hubungan dari Harta, Hutang, Modal, Pendapatan, Beban. Kelima akun tersebut merupakan elemen penyusun laporan keuangan, Harta, Hutang, dan Modal merupakan elemen penyusun dalam laporan neraca atau balance sheet sedangkan pendapatan dan Beban merupakan elemen penyusun laporan Laba – rugi. Pada Intinya persamaan dasar akuntansi mengacu pada satu prinsip yaitu menunjukan keseimbangan antara Harta (kekayaan) dengan sumber Harta (sumber kekayaan ) tersebut.

Leave a Reply