Perbedaan Pajak dan Retribusi Yang Perlu Anda Ketahui

Kita tentu sudah mengenal istilah pajak dan retribusi. Seringkali keduanya disamakan oleh kebanyakan orang. Keduanya bisa dikatakan mirip, namun, ada beberapa Perbedaan pajak dan retribusi yang cukup signifikan. Walaupun begitu, keduanya tetap menjadi kewajiban bagi masyarakat untuk dibayar. Dengan adanya pajak dan retribusi, fasilitas dan sarana infrastruktur menjadi lebih baik dan pembangunan akan lebih lancar. Agar lebih memahami tentang pajak dan retribusi, berikut terdapat ulasan perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Pajak Dengan Retribusi Daerah

Perbedaan Pajak dan RetribusiBanyak fasilitas publik di sekitar kita yang dijumpai. Ketika kita menggunakan fasilitas publik, retribusi berlaku. Retribusi sendiri merupakan pungutan yang bersifat wajib dan nilainya sudah ditentukan bagi penggunanya. Sebagai contoh, terminal, pasar, dan parkir di instansi-instansi pemerintah. Pungutan ini digunakan pemerintah sebagai sumber dana dalam penjagaan fasilitas umum yang bersangkutan. Ada 4 komponen pokok perbedaan pajak dan retribusi:

Simak Juga Artikel Tentang Sistem Perpajakan Di Indonesia

1. Dasar Hukum

Dasar hukum untuk pajak berupa Undang-undang yang dibuat pemerintah secara khusus dan berlaku diseluruh daerah di wilayah Indonesia. Sementara itu, retribusi dibuat oleh pemerintah daerah dengan pemungutan yang berdasarkan peraturan Pemda. Retribusi juga hanya berlaku di daerah tertentu dimana peraturan tersebut dibuat. Contoh nyatanya adalah biaya parkir pasar di setiap daerah bisa berbeda-beda. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah mempertimbangkan kemampuan ekonomi warga dan faktor lainnya tergantung pada daerah tersebut.

2. Bentuk outcome atau Balas Jasa

Perbedaan terletak di waktu dimana balas jasa didapatkan. Untuk pajak, pendapatan akan dikumpulkan terlebih dahulu sampai mencapai jumlah yang cukup lalu digunakan untuk membangun fasilitas publik. Fasilitas publik yang bagus dibuat demi kesejahteraan masyarakat dan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas. Sedangkan untuk retribusi, balas jasa langsung diterima saat itu juga. Ketika kita membayar parkir, kita langsung bisa meninggalkan kendaraan dan mendapatkan jasa dari tukang parkir. Kesimpulan untuk perbedaan pajak dan retribusi dalama aspek ini, balas jasa untuk pajak dalam jeda waktu yang lama sedangkan retribusi jeda waktunya dekat.

3. Obyek yang dikenai pajak dan retribusi

Untuk pajak, obyek yang dikenai oleh wajib pajak berupa pendapatan usaha, penghasilan, nilai suatu barang, kekayaan dan juga kendaraan. Untuk retribusi, obyek pajak mengenai siapa saja yang menggunakan fasilitas publik. Sebagai contoh, pasar bisa didatangi oleh siapa saja tanpa persyaratan tertentu dan semua yang datang akan dikenai pajak. Perbedaan terletak pada obyek nya dimana pajak lebih ke barang yang dimiliki dan retribusi pada tempat yang dikunjungi. Contoh lain dari obyek yang dikenai retribusi adalah, pelayanan kesehatan dan terminal.

4. Lembaga yang Memungut Pajak dan Retribusi

Salah satu perbedaan pajak dan retribusi yang signifikan terletak pada lembaganya. Untuk pajak akan dipungut oleh pemerintah pusat dengan Kantor Pajak sebagai perantara yang mengaturnya. Lalu pendapatan hasil pajak akan dimanfaatkan untuk semua daerah di Indonesia. Sementara itu, retribusi akan di pungut pemerintah daerah yang hanya digunakan untuk memberdayakan fasilitas di daerah yang bersangkutan. Lembaga yang mengurusi jalannya retribusi yaitu Dispenda atau Dinas Pendapatan Daerah.

Baca Juga Info tentang Perbedaan Pajak Langsung dan Pajak Tidak Langsung

Perbedaan pajak dan retribusi sudah cukup jelas dipaparkan dalam paragraf diatas. Keduanya sama-sama jenis pungutan yang dibebankan kepada masyarakat dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Pajak dan Retribusi sama-sama dibuat untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat. Untuk berkontribusi pada pembangunan bangsa, ada baiknya kita turut andil dalam membayar pajak dan retribusi tepat waktu.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kotak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply