Belajar Mengetahui Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Home » Artikel » Akuntansi » Belajar Mengetahui Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Belajar Mengetahui Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

2018-01-03T09:31:16+00:00 By |Akuntansi|0 Comments

Jika mendengar mengenai akuntansi dan pembukuan keduanya terdengar sama, banyak orang yang menganggap demikian. Tak jarang mereka mempertanyakan persamaan ataupun perbedaan akuntansi dan pembukuan. Tidak semua orang belajar akuntansi jadi, cukup dimaklumi jika banyak yang tidak paham mengenai hal tersebut. Memang, akuntansi dan pembukuan terlihat serupa tetapi tidak sama. Ada beberapa bagian dari keduanya yang melalui proses yang sama tetapi tidak keseluruhan prosedur. Maka, dari pengertian ini anda dapat mengambil asumsi bahwa memang ada perbedaan antara akuntansi dan pembukuan.

Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Mengapa orang bertanya tentang perbedaan antara akuntansi dan pembukuan? Masing-masing orang punya alasan tersendiri. Entah mereka hanya ingin tahu saja atau memang mereka yang baru masuk pendidikan akuntansi lalu diberikan pertanyaan demikian. Faktanya keduanya memang memiliki perbedaan, mungkin pada bagian fungsi pembukuan ataupun pda bagian yang lainya. Semua akan dibahas disini mengenai perbedaan antara akuntansi dan pembukuan. Bagi anda yang bingung dengan akuntansi dan pembukuan anda tidak perlu khawatir lagi sekarang.

Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan yang tepat

Akuntansi dan pembukan pada kenyataannya memiliki perbedaan. Keduanya mempunyai perbedaan namun perbedaan keduanya terbilang sangat tipis. Tak heran banyak orang awang yang memperdebatkan hal ini. Untuk membantu mengetahui lebih lanjut mengenai akuntansi dan pembukuan akan dipaparkan perbedaan dari keduanya:

Pengrtian dari Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu proses pekerjaan yang didalamnya berhubungan dengan data keuangan, akuntansi sendiri menyediakan informasi berupa data keuangan misalnya, pada sebuah organisasi atau instansi dari mulai pencataan transaksi sampai dengan pencatatan akhir laporan keuangan yang biasanya dilaporkan dalam jangka waktu tertentu dan prinsip akuntansi berlaku umum. Untuk lebih detail mengenai akuntansi anda dapat membaca beberapa pengertian berikut:

  • Akuntansi sendiri memeliki jangkauan yang lebih luas dari pembukuan
  • Belajar akuntansi akan lebih membutuhkan kemampuan analitis yang cukup tinggi maka, butuh pengetahuan yang mendalam untuk bidang ini atau jika ditempuh melalui pendidikan minimal yaitu lulusan S-1
  • Sistem kerja akuntansi dalam melakukan pencatatan keuangan dan laporan mengenai informasi keuangan yaitu menggunakan jangka waktu tertentu.
Baca juga  Akuntansi Diferensial: Contoh dan Konsep Pemahamannya

Pengertian dari Pembukuan

Pembukan merupakan suatu proses yang berda dalam akuntansi. Tujuan pembukuan yaitu membantu anda memberikan gambaran mengenai pendapatan serta pengeluaran yang biasanya dilakukan pada akhir periode akuntansi. Jadi, bisa dikatakan pembukuan yaitu suatu kegiatan untuk menjaga dokumen setiap transaksi keuangan entitas yang memiliki tujuan untuk membentuk acuan dasar dalam proses akuntansi. Untuk lebih detail mengetahui pengertian pembukuan lalu dapat mengetahui perbedaan akuntansi dan pembukuan simaklah beberapa paparan pengertian pembukuan sebagai berikut:

  • Pembukuan adalah suatu proses yang ada pada akuntansi atau pembukuan merupakan bagian dari proses akuntansi.
  • Belajar pembukuan sedikit lebih mudah daripada akuntansi yang harus membutuhkan kemampuan analitis tinggi. Maka untuk belajar pembukuan, lulusan SMA atu SMK sederajat saja sudah bisa dikatakan cukup.
  • Sistem kerja pembukuan dalam melakukan kegiatan pencatatan keuangan hanya dilakukan secara sistematis.

Akuntansi dan pembukuan merupakan suatu kegiatan yang hapir sama namun, didalamnya terdapat perbedaan. Perbedaan akuntansi dan pembukuan memang sangt tipis, hampir tidak bisa dibedakan karena memang keduanya yang sama-sama bergerak pada bagian keuangan dan laporan. Paparan pengertian akuntansi dan pembukuan ini semoga dapat membantu anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang akuntansi dan pembukan. Tentunya dengan paparan diatas anda diharapkan mengerti bahwa ada perbedaan diantara akuntansi dan pembukuan.

Leave A Comment