Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Neraca Saldo dan Fungsinya

Pengertian Neraca Saldo

Home » Artikel » Akuntansi » Pengertian Neraca Saldo dan Fungsi Neraca Saldo dalam Akuntansi

Pengertian Neraca Saldo dan Fungsi Neraca Saldo dalam Akuntansi

2018-07-06T11:24:22+00:00 By |Akuntansi|0 Comments

Apakah anda sedang cari tahu tentang pengertian neraca saldo? Untuk anda yang saat ini sedang belajar akuntansi dasar maka pemahaman tentang pengertian neraca saldo, fungsi neraca saldo dan hal lain terkait neraca saldo memang perlu dikuasai dengan baik agar pondasi anda kuat dalam menguasai teori akuntansi maupun praktik akuntansi.

Pengertian Neraca Saldo dalam Ilmu Akuntansi

Neraca saldo dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah trial balance, Neraca saldo diartikan sebagai daftar yang berisi semua jenis nama akun dan saldo totalnya yang disusun secara sistematis berdasarkan urutan kode akun yang sumbernya yaitu dari buku besar dalam periode tertentu.

Dari Pengertian neraca saldo di atas maka dapat di ambil poin penting yaitu poin pertama neraca saldo dibuat setelah buku besar dibuat karena sumber pembuatan neraca saldo adalah buku besar. Poin kedua, neraca saldo disusun secara urut dan urutannya sesuai dengan nomor kode akun. Poin ketiga, melalui Neraca saldo kita bisa melihat apakah jurnal dan buku besar yang telah dibuat telah benar ataukah masih keliru, bagaimana cara mengetahiunya? caranya yaitu dengan melihat keseimbangan atau balance neraca saldo, jika saldo total debit dan kredit neraca saldo sudah sama atau balance maka jurnal umum dan buku besar yang dibuat serta neraca saldo yang dibuat kemungkinan besar sudah benar.

Silahkan Baca Juga Cara Membuat Buku Besar dengan Benar dan Mudah

Fungsi Neraca Saldo dalam Akuntansi

Neraca saldo memiliki 4 fungsi utama dalam proses akuntansi, yaitu :

  1. Fungsi Persiapan, Neraca saldo berfungsi untuk persiapan dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan dalam periode tertentu.
  2. Fungsi Pencatatan, Neraca saldo berfungsi sebagai tempat untuk mencatat seluruh akun dan saldo totalnya dalam suatu periode tertentu.
  3. Fungsi Koreksi, Neraca saldo berfungsi untuk melakukan koreksi semua proses akuntansi yang telah dilakukan yaitu mulai dari jurnal umum dan buku besar . melalui neraca saldo dapat diketahui apakah pencatatan dalam jurnal umum dan buku besar sudah benar atau belum, jika sudah benar maka dalam neraca saldo akan terlihat kolom debit dan kolom kredit jumlahnya sama.
  4. Fungsi Monitoring, Neraca saldo berfungsi untuk memudahkan dalam pengawasan pada setiap akun yang dimiliki perusahaan.
Baca juga  Laporan Keuangan Menurut PSAK dan Jenisnya Yang Sudah Disahkan

Bentuk Neraca saldo dalam akuntansi

Bentuk neraca saldo sangatlah sederhana yaitu hanya terdiri 4 kolom, kolom pertama kolom kode akun, kolom kedua kolom nama akun, kolom ketiga kolom debit dan kolom keempat kolom kredit. Untuk Lebih Jelasnya silahkan simak gambar berikut ini ya :
Bentuk Neraca saldo
Keterangan :

  • Kolom Kode Akun, Kolom Kode akun diisi dengan nomor kode akun secara urut (tidak boleh acak).
  • Kolom Nama Akun, Kolom nama akun diisi dengan nama – nama akun yang ada dalam buku besar perusahaan tersebut pada periode tertentu.
  • Kolom Debit, disi dengan saldo debit dari setiap akun yang bersumber dari buku besar dalam periode tersebut.
  • Kolom Kredit, Diisi saldo kredit dari setiap akun yang bersumber dari buku besar periode tersebut.

Sahabat , agar anda lebih mengenal neraca saldo lebih baik lagi, berikut ini kami sajika contoh neraca saldo perusahaan dagang dan contoh neraca saldo perusahaan jasa, silahkan anda amati.

Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang

Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang

Contoh Neraca Saldo Perusahaan Jasa

Contoh Neraca Saldo Perusahaan jasa

Dari contoh kedua contoh neraca saldo di atas, yaitu neraca saldo perusahaan jasa dan neraca saldo perusahaan dagang, pada dasarnya bentuknya sama hanya perbedaannya yaitu pada nama-nama akunnya, jika dalam perusahaan jasa karena penghasilan utamanya adalah dari pelayanan jasa yang dilakukan maka akan muncul akun pendapatan jasa, sedangkan dalam perusahaan dagang akan muncul akun penjualan dan akun pembelian karena kegiatan usahanya yaitu jual beli barang tanpa mengolahnya jadi penghasilan utamanya adalah penjulan barang dagangan.

Demikianlah Pembahasan tentang pengertian neraca saldo, fungsi neraca saldo, bentuk neraca saldo dan contoh neraca saldo perusahaan jasa dan contoh neraca saldo perusahaan dagang, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Baca juga  Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi

Leave A Comment