Pengertian Laporan Laba-rugi dan Contohnya

Pengertian Laporan Laba-rugi

Home » Artikel » Akuntansi » Pengertian Laporan Laba-rugi dan Contoh Laporan Laba-rugi Perusahaan

Pengertian Laporan Laba-rugi dan Contoh Laporan Laba-rugi Perusahaan

2018-07-06T11:06:31+00:00 By |Akuntansi|0 Comments

Laporan Laba Rugi Adalah salah satu dari jenis laporan keuangan yang dibuat perusahaan setiap akhir periode akuntansi. Pengertian Laporan Lab-rugi secara sederhana yaitu sebuah Laporan keuangan yang Menyajikan Informasi Laba atau rugi dalam sebuah Periode tertentu. Laporan Laba rugi dapat dijadikan Pengukur Tingkat keberhasilan operasional sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Selain Itu, Laporan Laba-rugi juga berperan dalam menyajikan informasi yang sangat berguna bagi pengusaha untuk memperkirakan jumlah arus kas dalam periode selanjutnya.

Format Laporan Laba-rugi Dalam Akuntansi

Format Laporan Laba-rugi diawali dengan Menuliskan identitas perusahaan, jenis laporan keuangan yaitu (laporan laba rugi), dan periode pembuatan laporan. Adapun Eleman utama dalam laporan laba-rugi ini yaitu Total Penghasilan (pendapatan atau Penjualan), Jumlah total beban (jika perusahaan dagang ada Harga Pokok Penjualan), dan laba yang berhasil diraih atau rugi yang ditanggung perusahaan. Elemen laba atau rugi adalah hasil selisih antara total pendapatan dan total beban. Apabila pendapatan lebih besar dari beban, maka akan terjadi Laba, sebdangkan Jika pendapatan lebih kecil daripada total beban maka akan terjadi rugi.

Untuk Jelasnya tentang Format Laporan Laba-rugi Bisa dilihat berikut ini :

Format Laporan Laba-rugi Perusahaan dagang dan jasa

4 Elemen Utama Laporan Laba-rugi

  • Pendapatan (revenues), Yaitu semua arus masuk aktiva atau peningkatan aktiva lainnya dari sebuah perusahaan atau penyelesaian atas liabilitas dalam periode tertentu akibat pengiriman barang atau produksi barang dan penyelesaian jasa.
  • Beban (expenses), Yaitu arus keluar suatu aktiva atau penggunaan aktiva maupun timbulnya liabilitas dalam suatu periode akibat pengiriman barang atau produksi barang maupun Penyelesaian jasa.
  • Keuntungan atau profit, Yaitu Terjadinya peningkatan ekuitas akibat terjadinya transaksi perusahaan yang periferal atau secara tak terduga dihasilkan dari pendapatan atau investasi pemilik perusahaan.
  • Kerugian atau loss, Yaitu Terjadinya penurunan ekuitas akibat terjadinya transaksi perusahaan yang periferal atau tidak terduga dihasilkan dari beban atau penyaluran ke pemilik perusahaan.

Simak Juga Pembahasan Jurnal Pembalik yang benar, silahkan baca agar anda tahu

Bentuk Laporan Laba Rugi Dalam Akuntansi

Dalam Akuntansi Terdapat 2 buah bentuk laporan laba rugi yang Lazim diterapkan dalam pelaporan keuangan perusahaan, yaitu Bentuk single step dan bentuk multiple step.
a. Bentuk Single Step
Laporan Laba rugi bentuk single step menampilkan semua pendapatan dan keuntungan yang termasuk unsur operasi pada bagian awal laporan laba rugi, Setelah itu dibawahnya ditampilkan semua beban dan kerugian yang termasuk kategori operasi. Setelah Semua pendapatan dan semua beban operasi ditampilkan maka selanjutnya ditampilkan Laba-operasi yang merupakan Selisih antara total pendapatan dan keuntungan dan total beban dan kerugian perusahaan dalam periode tersebut.

Baca juga  Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi

b. Bentuk Multiple Step
Laporan Laba-rugi Bentuk Multiple Step membedakan anatara Transaksi operasional dan transaksi bukan opersional secara terpisah, selain itu laporan laba-rugi multiple step juga juga membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang ada hubungannya. Jadi dalam laporan laba rugi bentuk multiple step nanti ada istilah pendapatan operasional , pendapatan diluar operasional, beban operasional, beban lainnya (beban diluar operasional).

Sahabat, Agar Lebih Jelas tentang bentuk laporan laba-rugi, silahkan perhatikan Contoh Laporan Laba-Rugi Berikut Ini.

Contoh laporan laba rugi perusahaan dagang

Contoh laporan laba-rugi perusahaan dagang

Contoh laporan laba rugi perusahaan Jasa

Laporan Laba rugi perusahaan jasa
Demikianlah Pembahasan Tentang Pengertian Laporan Laba-rugi, Contoh laporan laba-rugi perusahaan jasa maupun contoh Laporan Laba-rugi Perusahaan dagang. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami pengertian laporan laba-rugi , bentuk laporan laba-rugi dan hal terkait dengan laporan laba-rugi.

Leave A Comment