Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Jurnal Umum Akuntansi

Pengertian Jurnal Umum

Home » Artikel » Akuntansi » Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi

Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi

2018-07-06T11:31:12+00:00 By |Akuntansi|0 Comments

Jurnal umum adalah Jurnal yang digunakan sebagai tempat pencatatan hasil analisis bukti transaksi keuangan dalam periode tertentu. Jadi Pengertian Jurnal umum secara sederhana yaitu buku harian perusahaan yang digunakan untuk mencatat segala kejadian yang berhubungan dengan keuangan.

Tahap Pencatatan dalam proses akuntansi dimulai dengan pembuatan jurnal umum. Penggunaan jurnal umum lazimnya digunakan pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa, mengapa? Karena semua Bukti transaksi keuangan setelah dianalisis dapat dicatat kedalam jurnal umum.

Pencatatan dalam jurnal umum dilakukan secara kronologis atau sesuai urutan waktu terjadinya transaksi keuangan dalam perusahaan, jadi dalam pembuatan jurnal umum harus diurutkan tanggal terjadinya transaksi.

Bentuk Jurnal Umum Dalam Akuntansi

Nah, Jika anda belum tahu bentuk jurnal umum, silahkan lihat gambar dibawah ini :

Pengertian Jurnal Umum
Perhatikanlah bentuk jurnal umum di atas, jika anda lihat dalam bentuk jurnal umum tersebut ada 6 kolom, yaitu kolom tanggal, Kolom No Bukti, kolom akun atau keterangan, kolom referensi (ref), kolom debit dan kolom kredit.

Kolom tanggal diisi dengan waktu terjadinya transaksi keuangan secara urut atau kronologis, Kolom No Bukti, diisi sesuai dengan no bukti transaksi yang tertera pada bukti transaksi yang bersangkutan, Kolom akun atau keterangan diisi dengan nama dari akun yang terkait dengan transaksi keuangan yang akan dicatat. Kolom Rerensi diisi setelah jurnal umum diposting ke buku besar, cara mengisinya yaitu dengan mencatat kode akun yang sesuai dengan nama akun pada kolom kedua (kolom keterangan atau akun), Kolom Debit diisi dengan jumlah saldo akun yang didebit sedangkan kolom kredit diisi dengan saldo akun yang di kredit sesuai analisis bukti transaksi keuangan yang dilakukan.

5 Fungsi Jurnal Umum Yang Benar

Setelah Anda Memahami Pengertian Jurnal Umum, Maka anda juga perlu memahami fungsi jurnal umum dalam akuntansi. Jurnal Umum akuntansi memiliki 5 fungsi utama, yaitu fungsi analisis, fungsi pencatatan, fungsi historis, fungsi instruktif dan fungsi informatif. Lebih Detailnya silahkan simak berikut ini.

  1. Fungsi Analisis, Maksudnya yaitu jurnal umum berfungsi untuk menentukan terhadap sebuah akun dan saldonya yang harus di debit atau harus dikredit
  2. Fungsi Pencatatan, Maksudnya yaitu bahwa jurnal umum berfungsi untuk melakukan pencatatan hasil dari analisis bukti transaksi keuangan yang timbul dari segala transaksi keuangan perusahaan.
  3. Fungsi Historis, Maksudnya yaitu jurnal umum berfungsi untuk mencatat hasil analisis bukti transaksi keuangan secara sistematis sesuai urutan terjadinya transaksi keuangan.
  4. Fungsi Instruktif, Maksudnya yaitu Jurnal Umum memiliki fungsi untuk memberikan perintah atau petunjuk untuk melakukan pempostingan ke buku besar
  5. Fungsi Informatif, Maksudnya yaitu jurnal umum berperan dalam memberikan informasi dari pencatatan bukti transaksi keuangan yang muncul akibat dari transaksi yang dilakukan perusahaan.
Baca juga  Standar Akuntansi Keuangan yang Berlaku di Indonesia

Prinsip Utama dalam Pembuatan Jurnal Umum

Jika anda akan membuat jurnal umum, maka anda harus memperhatikan beberapa prinsip dalam pembuatan jurnal umum berikut ini :

  • Mengidentifikasi bukti transaksi keuangan yang muncul dari transaksi yang dilakukan perusahaan. Contoh bukti transaksi keuangan misalnya faktur, kuitansi, memo, nota, dan lainnya
  • Mengenali akun apa saja yang terpengaruh oleh transaksi keuangan yang terjadi dan menggolongkannya kedalam Harta, Utang, Modal, Pendapatan, Beban (H,U,M,P,B)
  • Menentukan apakah terjadi penambahan atau pengurangan terhadap akun yang terlibat dalam transaksi keuangan yang terjadi.
  • Memutuskan apakah suatu akun yang terlibat dalam transaksi tersebut harus didebit atau harus di kredit. Jika anda belum tahu caranya mendebit atau mengkredit sebuah akun, silahkan simak disini.
  • Mencatat Kedalam Jurnal Umum.

Demikianlah Pembahasan Tentang pengertian Jurnal Umum, Fungsi Jurnal Umum, Bentuk Jurnal umum dan prinsip pembuatan jurnal umum yang dapat kami sampaikan untuk anda, semoga setelah membaca artikel ini anda dapat memahami konsep tentang jurnal umum.

Leave A Comment