Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Jurnal Pembalik dan Fungsinya

Pengertian Jurnal Pembalik

Home » Artikel » Akuntansi » Pengertian Jurnal Pembalik dan Fungsinya dalam Siklus Akuntansi

Pengertian Jurnal Pembalik dan Fungsinya dalam Siklus Akuntansi

2018-07-06T11:02:13+00:00 By |Akuntansi|0 Comments

Anda sedang kebingungan dalam memahami jurnal pembalik? Untuk anda yang saat ini sedang belajar memahami tentang jurnal pembalik, maka silahkan simak artikel tentang pengertian jurnal pembalik , fungsi jurnal pembalik dan jurnal penyesuaian yang perlu di buat jurnal pembalik saat awal periode.

Pengertian Jurnal Pembalik

Jurnal Pembalik adalah sebuah jurnal yang dibuat pada awal periode dengan tujuan untuk membalik jurnal penyesuaian periode sebelumnya yang menimbulkan akun rill atau akun neraca baru.

Dari Pengertian Jurnal Pembalik di atas maka dapat diambil poin penting, poin yang pertama yaitu proses pembuatan jurnal pembalik yaitu pada awal periode, Sedangkan poin kedua yaitu jurnal pembalik dibuat untuk membalik jurnal penyesuaian pada periode sebelumnya yang memunculkan akun rill baru.

Pertanyaan yang muncul yaitu, Bagaiamanakah cara mengetahui jurnal penyesuaian itu harus dibalik atau tidak?

Untuk Mengetahui Jawaban dari pertanyaan di atas, silahkan simak berikut ini :

Jurnal Penyesuaian Yang Perlu Di Buatkan Jurnal Pembalik

Sahabat, cici-ciri jurnal penyesuaian perlu dibalik pada awal periode selanjutnya yaitu Jika akun dalam jurnal penyesuaian tersebut memunculkan akun yang belum pernah dicatat dalam neraca saldo atau ini disebut akun rill baru atau akun neraca baru.

Nah, Berikut Ini adalah contoh jurnal penyesuaian yang perlu dibuatkan jurnal pembalik pada awal periode :

  • Jurnal Penyesuaian yang mencatat Beban yang masih harus dibayar.
  • Jurnal Penyesuaian yang mencatat Beban dibayar di muka (Jika dicatat sebagai beban).
  • Jurnal Penyesuaian yang mencatat Pendapatan yang masih akan diterima.
  • Jurnal Penyesuaian yang mencatat Pendapatan yang diterima di muka (Jika dicatat sebagai pendapatan).
  • Jurnal Penyesuaian yang mencatat Pemakaian perlengkapan (Jika dicatat sebagai beban).

Setelah Mengetahui Jurnal Penyesuian yang perlu dibalik, maka pertanyaan yang muncul yaitu :

Baca juga  Cara Tepat Menentukan Posisi Debit dan Kredit

Mengapa Harus Membuat Jurnal Pembalik pada awal periode?

Kita Perlu membuat jurnal pembalik karena dengan pembuatan jurnal pembalik dapat mencegah pencatatan ganda pada akun-akun tertentu, Selain itu jurnal pembalik juga dapat mempermudah pencatatan akuntansi dalam periode yang baru.

Nah, secara lebih detail tentang fungsi jurnal pembalik, silahkan simak berikut ini :

Fungsi Jurnal Pembalik dalam Siklus Akuntansi

Sahabat, sebenarnya pembuatan jurnal pembalik adalah opsional, namun manfaat jurnal pembalik sangatlah besar, sehingga sebaiknya dibuat saja. Apa saja manfaat jurnal pembalik atau fungsi jurnal pembalik? Silahkan simak berikut ini :

  1. Menjadikan pencatatan transaksi pada awal periode akuntansi yang baru lebih mudah dilakukan, terutama yang terkait dengan jurnal penyesuaian.
  2. Menjadikan proses pembuatan jurnal pada periode akuntansi berikutnya lebih mudah, khususnya bagi perusahaan yang sering membuat ayat jurnal dalam jumlah yang banyak.
  3. Mencegah terjadinya kesalahan atau kekeliruan dalam proses pembukuan, seperti menghindari pengakuan biaya atau pendapatan yang dobel akibat dari penyusunan ayat jurnal penyesuaian.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian jurnal pembalik, fungsi jurnal pembalik dan contoh jurnal penyesuaian yang perlu dibalik. Semoga pembahasan artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave A Comment