Pajak yayasan Berdasarkan Undang-Undang Berlaku di Indonesia

Yayasan atau Foundation merupakan salah satu bentuk NPO (Non-Profit Organization). Pajak yayasan berlaku disini sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di indonesia. Menurut Undang-undang tentang Organisasi Masyarakat, yayasan dan asosiasi termasuk dalam kategori “organisasi masyarakat dengan status badan hukum,” sementara semua NPO dikategorikan sebagai “organisasi masyarakat tanpa status badan hukum.”

Pajak yayasan

Untuk yayasan, peraturan disediakan dalam Undang-Undang Dasar. Asosiasi dan organisasi masyarakat tanpa status badan hukum tidak memiliki kerangka peraturan yang rinci. Dalam laporan ini, Undang – Undang Dasar adalah referensi utama, sedangkan Undang-undang tentang Organisasi Masyarakat hanya mengacu pada saat relevan. Sebagian besar fitur umum, termasuk struktur organisasi dan izin, diatur dengan cara yang sama berdasarkan kedua undang – undang tersebut.

Baca Juga Info tentang Akuntansi Manajemen Sektor Publik

Teknik dan Aspek Perpajakan Yayasan

Undang-undang tentang Yayasan mendefinisikan sebuah yayasan sebagai Badan hukum, namun bukan badan hukum yang didirikan berdasarkan pemisahan aset. Hal ini dimaksudkan sebagai wahana untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, atau kemanusiaan (Undang-undang Dasar Pasal 1 ayat 1). [7] Undang-undang tersebut menetapkan bahwa struktur organisasi yayasan harus terdiri dari tiga badan: Badan Pembina, Badan Pengawas, dan Badan Pengurus. Dewan Pengatur mendelegasikan beberapa fungsi, wewenang, dan tugas ke badan lainnya. [8]

Berdasarkan Undang-Undang Pajak Penghasilan, Yayasan merupakan subjek pajak. Yayasan akan dikenai pajak jika mendapat penghasilan yang berasal dari objek pajak. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap dikenai pajak walaupun bukan berasal dari objek pajak. Terdapat kriteria pemotong pajak yang menjadikan byayasan dikenai pajak. Contohnya, karyawan yang diberi gaji/upah/honorarium akan menjadikan yayasan tersebut sebagai pemotong PPh 21. Terdapat hal-hal yang butuh diperhatikan pada yayasan atau organisasi nirlaba, yakni:

Pendaftaran Pajak yayasan

Penting untuk mendaftarkan yayasan sebagai wajib pajak, juga memberikan keterangan mengenai kegiatan yang berlangsung di yayasa, tujuan dibangunnya, dan bagaimana karakteristik yayasan. Dilakukannya hal-hal tersebut agar memastikan jenis pajak yang sesuai dengan kewajiban kita.

Pembukuan dan Pelaporan Usaha

Sesuai dengan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) usaha dilaporkan dan dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak. Ditetapkan ketentuan ini jika usaha melakukan penyerahan barang kena pajak atau jasa. Untuk pembukuan, diselenggarakan sesuai kaidah yang berlaku. Penghasilan netto dikurangi oleh biaya-biaya yang menyangkut dengan usaha. Amortisasi juga masuk kedalam faktor pengurangan.

Pengecualian Pajak yayasan

Apabila yayasan atau organisasi non profit tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh undang-undang perpajakan, maka tidak bisa menikmati fasilitas. Contohnya, Yayasan yang tidak sesuai dengan kriteria pada undang-undang mengenai yayasan, akan berdampak pada yayasan yang hanya sekedar nama saja. Bukan badan usaha.

PBB dalam Perpajakan Yayasan

PBB tidak dikenakan pada pajak yayasan, terhadap objek pajak yang berfungsi sebagai fasilitas umum atau yang melayani masyarakat dalam hal-hal umum seperti sosial, ibadah, pendidikan, kesehatan juga kebudayaan nasional. Termasuk juga pada organisasi yang non-profit oriented.

Simak Juga Artikel Tentang Audit Kecurangan dan Jenis – Jenis Kecuragan dalam audit

Bisa disimpulkan bahwa kewajiban pajak yayasan adalah, bentuk pajak yang dilaporkan adalah SPT Tahunan PPh Badan dan SPT Masa pemotongan per bulan. Untuk perihal pembayaran kepada pembicara yang dilakukan oleh yayasan, harus dipotong pajak juga untuk PPh dan dilaporkan sesuai dengan ketentuan. Perlu Anda ketahui juga bahwa kewajiban perpajak untuk yayasan bidang sosial dan bidang pendidikan berbeda. Yang tertulis diatas merupakan untuk yayasan sosial.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply