Pajak Jual beli Tanah 2017 dan Mengetahui Cara Mengaplikasikannya

Sebagai masyarakat yang taat pada peraturan pemerintah dan mau ikut membangun negara, penting bagi kita untuk melek pajak. Banyak jenis pajak yang diterapkan di Indonesia termasuk pajak jual beli tanah 2017 yang baru saja diperbarui.

pajak jual beli tanah 2017

Pajak yang mengurusi perihal jual beli tanah biasa disebut PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli atas tanah atau/dan Bangunan. Peraturan baru mengenai PPh atas penghasilan dari Pengalihan Hak Atas Tanah dan Bangunan kemudian Perjanjian Pengikatan Jual Beli atas Tanah dan Bangunan baru saja diperbarui dengan tarif yang turun menjadi 2,5% dari tarif sebelumnya yaitu 5% yang berlaku setelah tanggal 8 Agustus 2016.

Simak Juga Artikel Tentang Pajak Jual Beli Rumah

Penjelasan Pajak jual beli tanah 2017

Pajak berlaku juga bagi seseorang yang melakukan transaksi jual beli tanah dan bangunan. PPh atau Pajak Penghasilan akan mengenai penjual berdasarkan uang hasil pembayaran harga tanah, sedangkan untuk pembeli dikenai Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terkait haknya atas tanah yang sudah ia beli. BPHTB juga berlak tidak hanya pada transaksi jual beli tanah, juga pada tukar menukar, waris, pemasukan tanah kedalam perseroan, hibah, dan lain sebagainya.

Subjek dan Objek Pajak Jual Beli Tanah

Subjek pajak BPHTB merupakan orang pribadi yang mendapatkan hak atas tanah juga bangunan, disebut sebagai pembeli. Dasar pengenaan untuk pembayarannya dengan berbasis pada NPOP atau Nilai Perolehan Objek Pajak. Besarnya NPOP ditentukan oleh harga transaksi. Untuk perihal hibah atau warisan, tukar menukar, dasar NPOP-nya menggunakan NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak yang bisa juga disebut nilai pasar. Apabila harga lebih kecil dari NPOP, maka untuk dasar penentuan NJOP nya adalah NJOP. Namun jika harga transaksi lebih besar dari NJOP, dasar penentuan NPOP adalah nilai tertinggi diantara NPOP dan NJOP atau berdasarkan harga transaksi.

Peraturan Terbaru Mengenai Pajak jual beli tanah 2017

PP Nomor 34 Tahun 2016 tentang Tarif Baru PPh Final atas Pengalihan Hak atas Tanah dan Bangunan mengatur bahwa penghasilan atas transaksi jual beli tanah atau bangunan akan diberlakukan tarif baru seperti, Obyek Non Rusun dan Rumah Sederhana Sehat, Rumah Sederhana Tapak dikenai 2,5% dari nilai transaksi jual beli; kemudian Obyek Rusun dan Rumah Sederhana Sehat, Rumah Sederhana Tapak dikenani tarif sebesar 1% dari nilai transaksi jual beli; dan tarif PPh 0% berlaku ketika transaksi kepada pemerintah. Dengan adanya pemberlakuan tarif ini membuat Developer merasa lebih diuntungkan karena harga jual properti lebih rendah dan dapat menambah minat masyarakat dalam membeli rumah.

Contoh Perhitungan Pajak Jual Beli Tanah dan Bangunan 2017

Rangga membeli tanah milik Cinta dengan nilai jual beli sejumlah Rp 250.000.000. Maka perhitungan pajak jual beli tanah 2017 antara penjual dan pajak pembeli dapat dihitung sebagai berikut:
BPHTB NPOP Pajak Pembeli : Rp 250.000.000
NPOPTKP : (Rp 80.000.000)
NPOP Kena Pajak : Rp 170.000.000
BPHTB : 2,5% X Rp 170.000.000 = Rp 4.250.000

PPh Pajak Penjual :
NPOP : Rp 250.000.000
NPOP kena pajak : Rp 250.000.000
PPh : 2,5% X Rp 250.000.000 = Rp 6.250.000

Baca Juga Info tentang Uu Pajak Terbaru

Pajak jual beli tanah 2017 yang berlaku saat ini menjadi lebih murah dengan penurunannya tarif. Dengan adanya peraturan baru ini maka kewajiban developer juga menjadi lebih kecil karena harga jualnya menjadi lebih rendah apabila developer menerapkan target keuntungan yang sama seperti sebelumnya. Dengan lebih rendahnya harga jual, besarnya uang muka dengan KPR juga akan turun, dan cicilan perbulan menjadi lebih ringan. Keuntungan akan lebih dirasakan pada pembeli rumah dengan sistem KPR dibanding bayar tunai atau tunai bertahap walaupun pengaruhnya tidak begitu besar.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kotak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply