Pajak Atas Bunga Deposito: Pembahasan, Perhitungan dan Ketentuannya

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi dengan risiko rendah, deposito menjadi solusi bagus untuk Anda. Deposito menawarkan bunga tabungan yang kadang kala lebih besar dari bunga tabungan biasa. Pajak atas bunga deposito dikenakan untuk investasi ini. Keuntungan berupa suku bunga yang didapatkan dari deposito akan dikenai pajak PPh di Bank yang didirikan di Indonesia maupun luar negeri.

Pajak Penghasilan Atas Bunga Deposito

Pajak atas bunga depositoPajak bunga deposito merupakan Pajak Penghasilan (PPh) yang dikenakan atas penghasilan dari keuntungan bunga deposito. Dasar pengenaan pajak dan tarif dikenakan berdasarkan objek PPh Pasal 4 Ayat 2. Penghasilan dalam bentuk bunga deposito/bunga tabungan atau diskonto SBI (Sertifikat Bank Indonesia). Sebagai pengingat, Uang deposito tidak bisa diambil seenaknya karena ada periode waktu yang sudah ditentukan pada perjanjian.

Simak Juga Artikel Tentang Pajak Yayasan

Dasar Pengenaan Pajak dan Tarif Pajak atas bunga deposito

Untuk pemotong PPh atas deposito bunga, terdapat beberapa pihak yakni Bank yang didirikan atau berkedudukan di Indonesia bank luar negeri yang berkedudukan di Indonesia, dan dana penisun yang sudah di sahkan oleh Menteri Keuangan. Untuk objek pajak yang dikecualikan yakni bunga dari deposito dengan jumlah kurang dari Rp 7.500.000 dan bukan merupakan jumlah yang dipecah.

Selain jumlah minimal bunga deposito, objek yang dikecualikan yang lain yaitu bunga deposito yang diterima dana pensiun yang sudah disahkan oleh Menkeu. Lalu bunga tabungan pada bank yang ditunjuk oleh pemerintah dalam rangka pemilihan rumah sangat sederhana atau rumah susun sederhana yang dihuni sendiri.

Pembahasan Perhitungan Pajak Bunga Deposito

Ketika Anda mengambil deposito, keuntungan bunga akan otomatis sudah terpotong oleh pajak. Semakin besar bunga yang Anda peroleh, semakin tinggi pajak yang harus Anda bayar juga akrena pajak yang dikenakan berdasarkan pajak dari suku bunga. Perhitungan pajak atas bunga deposito bisa dilihat sebegai berikut:
Berdasarkan peraturan dari Dirjen Pajak, pajak bunga deposito sebesar 20% jika nilai tabungan lebih dari Rp 7.500.000.
Sebagai contoh perhitungan:
Anda memiliki tabungan deposito sebesar Rp 200.000.000 maka dengan peraturan dari bank yang memberikan bunga atas deposito sebesar 5 % per tahunnya, akan didapat pajak bunga deposito yang harus Anda bayar sebesar:
Bunga deposito /tahun:
Rp 200.000.000 x 5% = Rp 10.000.000
Bunga deposito /bulan:
Rp 10.000.000 : 12 bulan = Rp 833.333 per bulan.
Pajak Bunga Deposito per bulan:
Rp 833.333 x 20% = Rp 166.666 per bulannya
Pajak bunga deposito /tahun:
Rp 166.666 x 12 bulan = Rp 1.999.999

Tips Memilih Deposito Yang Menguntungkan Bagi Anda

Setiap bank pada umumnya menyajikan layanan deposito disamping tabungan. Seringkali Anda bingung memilih bank mana yang paling tepat untuk investasi deposito, ada hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih bank yang tepat. Pastikan Bank yang Anda tuju memiliki reputasi menjamin, lalu sesuaikan periode waktu deposito dengan keuangan yang sudah rencanakan.

Penting juga bagi Anda untuk memilih bank yang menawarkan bunga tinggi namun tidak dengan bunga deposito yang kelewat tinggi. Anda bisa mengukurnya lewat LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) untuk mengecek bunga deposito maksimal. Kecuali jika Anda ingin mengambil resiko yang tinggi, maka tidak apa untuk memilih deposito dengan bunga lebih tinggi dari LPS.

Baca Juga Info tentang Pajak Sewa Kendaraan

Demikian penjelasan mengenai pajak atas bunga deposito yang Anda perlu ketahui. Jika Anda tidak ingin membayar pajak bunga deposito, Anda bisa cari bank yang menerima tabungan dibawah Rp 7.500.000 agar tidak terkena pajak. Namun, ada baiknya kita ikut berkontribusi untuk pembangunan negara sebagai warga negara yang baik sehingga pembangunan di Indonesia menjadi lebih maju.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kotak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply