Laporan Keuangan Yang Sudah diaudit Beserta Opini Auditor

Laporan keuangan menyajikan informasi historis keuangan dari suatu perusahaan. Hal ini penting bagi kelangsungan perusahaan karena laporan keuangan menentukan performa selama satu periode tertentu dan sebagai bahan proyeksi atau ramalan untuk perusahaan kedepannya. Laporan keuangan yang sudah diaudit akan memberikan informasi yang lebih kredibel dan bebas dari fraud. Saat ini auditing bukan hanya untuk mendeteksi kecurangan, tapi juga menunjukan hasil operasi perusahaan dan prestasi manajer dalam mengelola perusahaan yang dibina.

Laporan Keuangan Yang Sudah Diaudit Beserta Opininya

Laporan Keuangan Yang Sudah DiauditDengan menggunakan standar akuntansi yang berlaku, auditor memeriksa dan menganalisa laporan keuangan suatu perusahaan. kegiatan ini dilakukan oleh auditor sebelum mereka memberikan opininya mengenai performa perusahaan. Laporan keuangan yang sudah diaudit akan menghasilkan beberapa opini yang disebut opini audit laporan keuangan. Opini tersebut meliputi:

Simak Juga Artikel Tentang Audit Berbasis Risiko

Unqualified Opinion atau Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian

Opini ini mengemukakan tentang laporan keuangan yang dilakukan secara wajar dari semua hal yang bersifat material, hasil usaha, posisi keuangan dan arus kas dari entitas tertentu. Hal ini harus sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterapkan di Indonesia dan masih berlaku dalam kurun waktu dibuatnya laporan keuangan. Hal ini dinyatakan dalam laporan auditor dengan bentuk yang baku.

Terdapat beberapa kriteria Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian. Kriterianya berupa, Lengkapnya laporan keuangan, tiga standar umum yang sudah terpenuhi, bukti yang cukup yang diakumulasikan untuk membuat kesimpulan bahwa tiga standar umum sudah dipatuhi. Laporan keuangan yang sesuai dengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles), juga masuk kedalam kriteria. Dan terakhir merupakan tidak adanya suatu keadaan yang memungkinkan auditor dalam memberi catatan tambahan berupa paragraf penjelas atau memodifikasi laporan.

Modified Unqualified Opinion atau Opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan

Disuatu situasi tertentu, auditor butuh menambahkan paragraf penjelasan pada laporan audit. Auditor akan melakukan hal ini jika, entitas dinilai kurang konsisten dalam menerapkan GAAP, adanya keraguan substantial akan going concern (asumsi keberlanjutan dari perusahaan, dan auditor ingin menekankan permasalahan dari suatu hal tertentu yang memang perlu digaris bawahi).

Qualified Opinion atau Pendapat Wajar Dengan Pengecualian

Opini ini diberikan ketika hasil laporan keuangan yang diaudit dikatakan wajar dari perspektif material tetapi terdapat suatu penyimpangan. Penyimpangan yang dimaksud dijadikan pengecualian karena hal-hal seperti, kurang cukupnya bukti, adanya batasan ruang lingkup dan terjadi penyimpangan dalam SAK atau penerapan prinsip akuntansi yang berlaku.

Adverse Opinion atau Opini Tidak Wajar

Opini ini merupakan penjelasan yang berikan auditor tentang tambahan paragraf atas ketidakwajaran dari suatu laporan keuangan yang sudah diaudit. Auditor juga menyatakan dampak dari akibat ketidakwajaran tersebut pada laporan auditnya. Posisi keuangan, hasil usaha dan arus kas dianggap tidak sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Disclaimer Of Opinion atau Pernyataan Tidak Memberikan Pendapat

Poin satu ini memberikan opini bahwa auditor tidak menyatakan pendapat atas hasil laporan keuangan yang diaudit. Bisa jadi hal ini terjadi karena ruang lingkup pemeriksaan dibatasi. Auditor tidak bisa melakukan pemeriksaan yang menyeluruh ketika ada batasan tertentu. Bisa jadi auditor tidak melaksanakan pemeriksaan sesuai ketentuan yang berlaku, dan cenderung tidak puas atas laporan keuangan yang disajikan. Di dalam laporan audit, auditor harus memberi penjelasan bahwa ruang lingkupnya dibatasi.

Baca Juga Info tentang Audit Internal Dan Eksternal

Demikian penjelasan mengenai laporan keuangan yang sudah diaudit beserta opini auditor yang menyertainya. Seorang auditor juga harus mengikuti prosedur tahap opini. Prosedurnya berupa perencanaan dan pencanangan pendekatan audit, pengujian pengendalian dan juga transaksi, pelaksaan prosedur analitis dan terperinci lalu penyelesaian dan pelaporan laporan audit.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply