Mengulas Perbedaan Laporan Keuangan Fiskal dan Komersial

Laporan keuangan fiskal dikenal sebagai laporan keuangan tahunan. Jenis laporan ini ditulis satu kali setahun. Isinya menguraikan semua informasi dan data yang terkait dengan status keuangan perusahaan selama tahun anggaran yang bersangkutan. Semua informasi lain yang berada di luar periode fiskal tidak termasuk dalam laporan yang diberikan, karena data tersebut menghambat informasi dan memberikan angka yang tidak akurat.

Perbedaan Laporan keuangan fiskal dan Komersial

Laporan Keuangan Fiskal

1. Tujuan dan Konten Laporan keuangan fiskal

Laporan fiskal ditulis untuk mendokumentasikan status keuangan perusahaan yang jujur atau transparan setiap saat. Ada dua tujuan laporan yaitu: mendokumentasikan situasi keuangan untuk perencanaan internal perusahaan, dan untuk menarik investor. Ada dua bagian penting yang masuk ke dalam laporan fiskal: satu berfokus pada operasi dan yang lainnya mengenai kekayaan bersih bisnis.

Simak Juga Artikel Tentang Mengenal Akuntansi Organisasi Nirlaba

Bagian operasional menguraikan semua anggaran perusahaan, termasuk anggaran operasional, produksi dan master. Selain itu, laporan laba rugi sering disertakan untuk mendokumentasikan semua uang yang masuk ke bisnis. Bagian kedua menguraikan kekayaan bersih perusahaan dengan menguraikan semua kewajiban dan aset atas nama perusahaan.

2. Penelitian Investor dalam keuangan fiskal

Investor dan pemegang saham akan sering menggunakan laporan fiskal perusahaan tertentu untuk melakukan penelitian primer mengenai perusahaan. Investor akan menentukan berapa nilai perusahaan dengan menghitung kekayaan bersih dari aset dan kewajiban yang tercantum dalam laporan. Selain itu, investor akan memeriksa masing-masing anggaran untuk melihat bagaimana perusahaan mengalokasikan dana masuk. Penganggaran yang bijak bertujuan memaksimalkan keuntungan yang dapat menarik bagi investor.

3. Penggunaan Laporan keuangan fiskal di Masa Depan

Pemilik perusahaan dan anggota dewan menggunakan laporan fiskal untuk memeriksa penganggaran tahun-tahun sebelumnya. Perencanaan keuangan mempersiapkan rencana keuangan yang akan datang dengan laporan fiskal. Tahun penganggaran dan pendapatan yang sukses dapat menjadi inspirasi bagi rencana keuangan yang akan datang. terutama jika perusahaan mempertahankan biaya tetap rendah dan pendapatan tinggi. Karena laporan fiskal adalah penggambaran yang jujur mengenai keuangan perusahaan dan merupakan dokumen terpercaya yang dapat digunakan untuk perencanaan masa depan.

4. Laporan Keuangan Komersil

Sedangkan untuk laporan keuangan komersil, adalah laporan yang dibuat dengan beracuan pada prinsip akuntansi yang netral. Perbedaan dengan laporan keuangan fiskal pada dasarnya adalah terletak pada perbedaan pengakuan biaya dan pendapatan. Ada beberapa pendapatan dan atau biaya yang diakui oleh perusahaan, namun tidak bagi pajak.

5. Perbedaan pelaporan keuangan fiskal dan komersial dari segi penghasilan

Konsep pendapatan dari perspektif fiskal yakni, terdapat tiga kelompok penghasilan berdasarkan Undang-Undang. Yang pertama merupakan pendapatan Objek Pajak Penghasilan, Pendapatan yang dikenai PPh Final, dan pendapatan yang bukan Objek Pajak Penghasilan. Hal ini berlaku bagi penghasilan dalam negeri di Indonesia, maupun luar negeri. Dalam bentuk apapun.

6. Perbedaan Konsep Penyusutan & Persediaan

Perbedaan terletak di metode penyusutan dan penentuan usia aset. Pada akuntansi biasa, umur aset ditentukan dari umur sebenernya dengan metode garis lurus, garis menurun dan metode jumlah unit. Sedangkan dalam fiskal, ketentuan perpajakan memberikan acuan pada metode penyusutan yang didasarkan pada Undang-undang PPh. Metode garis lurus dan juga saldo menurun, yang seharusnya dilakukan konsisten.

Baca Juga Info tentang Peran Akuntansi Manajemen Sektor Publik

Kesimpulannya, perbedaan laporan keuangan fiskal dengan komersial terletak pada peraturan dan prinsip masing-masing. Laporan keuangan komersial mengacu pada SAK (Standar Akuntansi Keuangan) sedangkan pelaporan keuangan fiskal mengacu pada peraturan pajak. Pada laporan fiskal juga terdapat rekonsiliasi fiskal dimana segala transaksi berjalan sesuai prinsip pajak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply