Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa yang sering di buat

Anda Masih Kesulitan memahami jurnal penyesuaian? Untuk sebagaian besar orang yang baru belajar akuntansi, materi jurnal penyesuaian merupakan salah satu materi akuntansi dasar yang lebih rumit dibandingkan materi lainnya. Namun sebenarnya cara membuat jurnal penyesuaian sangatlah mudah, asalkan anda memahami konsep jurnal penyesuian dengan benar.

Jurnal Penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat setiap akhir periode akuntansi, jurnal penyesuian ini dibuat karena ada beberapa akun yang saldonya tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Jenis – jenis akun yang saldonya tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sampai dengan akhir periode diantaranya yaitu akun perlengkapan, akun pendapatan diterima dimuka, akun peralatan, akun beban dibayar dimuka, akun pendapatan yang masih harus dibayar dan akun beban yang masih harus dibayar.

Akun – akun yang saldonya tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di atas harus dibuatkan jurnal penyesuaian pada akhir periode, tujuan dibuatkan jurnal penyesuian adalah agar akun-akun tersebut dapat disajikan dalam laporan keuangan dengan saldo yang sebenarnya, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan adalah laporan keuangan yang akurat.

Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya yaitu menyediakan layanan jasa untuk pelanggannya. Contoh perusahaan jasa diantaranya jasa rias kecantikan, jasa sablon, jasa bengkel sepeda motor dan lain sebagainya.

Dalam Akuntansi perusahaan jasa setelah proses penyusunan neraca saldo selesai dibuat maka akan dilanjutkan pembuatan jurnal penyesuaian.

Jurnal Penyesuaian perusahaan jasa dibuat untuk menyesuiakan akun-akun yang saldonya belum sesuai sampai dengan akhir periode diantaranya yaitu akun perlengkapan, akun pendapatan diterima dimuka, akun peralatan, akun beban dibayar dimuka, akun pendapatan yang masih harus dibayar dan akun beban yang masih harus dibayar.

Jadi, kita hanya membuat jurnal penyesuaian untuk akun – akun yang belum sesuai saja saldonya. Nah, contoh jurnal penyesuaian perusahaan jasa diantaranya yaitu : Jurnal Penyesuaian Perlengkapan, Jurnal Penyesuaian pendapatan diterima dimuka, Jurnal Penyesuaian peralatan, Jurnal Penyesuaian beban dibayar dimuka, Jurnal Penyesuaian pendapatan yang masih harus dibayar dan Jurnal Penyesuaian beban yang masih harus dibayar.

Agar Lebih Jelas, silahkan lihat bentuk jurnal penyesuaian perusahaan jasa berikut ini :

Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa
Sahabat, demikianlah pembahasan kami tentang contoh jurnal penyesuaian perusahaan jasa yang sering dibuat dalam praktik pembukuan perusahaan jasa. Semoga setelah membaca artikel ini anda semakin paham tentang contoh jurnal penyesuaian perusahaan jasa.

Leave a Reply