Cara Membuat Laporan Keuangan sederhana dari Tabel PDA

Banyak para pelajar, mahasiswa dan pelaku usaha kecil menengah yang masih belum tepat dalam membuat laporan keuangan. Apakah anda saat ini juga masih bingung dalam membuat laporan keuangan? Jika anda ingin menguasai cara membuat laporan keuangan, simaklah artikel ini dengan baik.

Cara membuat laporan keuangan sederhana yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu teknik membuat laporan keuangan berdasarkan Tabel Persamaan Dasar Akuntansi (Tabel PDA). Perlu Anda tahu bahwa untuk meyusun laporan keuangan perusahaan maka ada 3 teknik yang bisa anda pilih, yang pertama yaitu cara menyusun laporan keuangan melalui table persamaan dasar akuntansi, yang kedua cara membuat laporan keuangan melalui siklus akuntansi dan yang ketiga cara mengunakan lapora keuangan dengan software akuntansi.

Dalam artikel ini secara khusus akan dijelaskan cara membuat laporan keuangan sederhana melalui tabel PDA langkah demi langkah. Laporan Keuangan yang akan dibuat dalam pembahasan ini yaitu laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan laporan neraca atau balance sheet.

Nah, sahabat sebagai langkah awal untuk menjelaskan cara mudah membuat laporan keuangan, dibawah ini akan kami suguhkan ilustrasi terjadinya transaksi-transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan jasa khususnya jasa rias kecantikan selama bulan maret 2018.
Pada Bulan maret 2018 Ibu Handayani mendirikan usaha Rias Kecantikan barang dengan nama “ Rias CantiQ”. Transaksi keuangan yang terjadi selama bulan Maret 2018 antara lain :

  1. Pada tanggal 2 Maret 2018 Ibu Handayani sebagai pemilik dari Jasa rian kecantikan “Rias CantiQ’ menyetorkan uang Tunai Rp 10.000.000 sebagai modal awal.
  2. Pada tanggal 3 Maret Rias CantiQ membeli beberapa peralatan kantor dengan harga Rp 1.500.000, dibayar secara kas sejumlah Rp 900.000 dan sisanya kredit.
  3. Pada 5 Maret Rias CantiQ membeli beberapa perlengkapan kantor dengan tunai seharga Rp 150.000
  4. Pada 7 Maret Rias CantiQ Melakukan Membayar sebagian utang atas pembelian peralatan tanggal 3 maret 2018 sebesar 300.000
  5. Pada 10 maret dilakukan pembayaran beban sewa kantor untuk bulan maret senilai Rp 400.000.
  6. Pada 16 maret dibayar beban sewa kendaraan sebesar Rp 200.000.
  7. Pada 19 maret diterima pendapatan dari pelanggan sebesar Rp 2000.000.
  8. Pada 23 Maret 2018 Ibu Handayani mengambil sebagian kecil modalnya yang digunakan untuk kepentingan pribadinya Rp 500.000.
  9. Pada 25 Maret Rias CantiQ Menerima pendapatan sejumlah 1.000.000.
  10. Pada 31 Maret ditaksir beban penyusutan peralatan kantor yang terjadi senilai Rp 50.000 dan Saldo perlengkapan kantor yang tersisa adalah Rp 20.000

Dari Transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama bulan maret 2018 di atas maka Jasa Rias CantiQ membuat Tabel Persamaan Dasar Akuntansi Sebagai Berikut :

Tabel Persamaan Dasar Akuntansi (Tabel PDA)
Sahabat, setelah tabel persamaan dasar akuntansi dibuat maka kita dapat membuat laporan keuangan untuk usaha jasa rias CantiQ.

Simak Juga Konsep Persamaan Dasar Akuntansi Yang Tepat

Nah, sekarang anda simak langkah-langkah membuat laporan keuangan sederhana untuk perusahaan jasa (usaha rias CantiQ) berikut ini :

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan Keuangan yang akan dibuat berdasarkan tabel persamaan dasar akuntansi yaitu pertama laporan laba-rugi, kedua laporan perubahan modal dan yang ketiga laporan neraca.

Cara Membuat Laporan Laba-rugi

Laporan laba-rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan total pendapatan yang terjadi dalam periode berjalan, berbagai beban dan biaya yang terjadi dalam periode berjalan dan besarnya laba atau rugi dalam periode berjalan. Jadi untuk membuat laporan laba-rugi kita melihat seluruh saldo pendapatan dan beban yang ada di tabel persamaan dasar akuntansi kemudian kita catat ke dalam format laporan laba-rugi, selengkapnya inilah laporan laba-rugi yang dibuat sesuai tabel PDA milik jasa rias CantiQ di atas.

Laporan Laba rugi perusahaan jasa

Cara Membuat Laporan perubahan modal

Laporan Perubahan Modal adalah laporan keuangan yang menyajikan besarnya modal awal, penambahan atau pengurangan modal dan besarnya modal akhir sampai dengan periode berjalan. Untuk Membuat Laporan Perubahan Modal berdasarkan Tabel PDA maka kita melihat besarnya modal perusahaan, besarnya prive yang ada dalam Tabel PDA dan kita melihat besarnya laba atau rugi dalam laporan laba-rugi, setelah itu kita catatkan besarnya modal awal, prive, laba atau rugi serta modal akhir dalam format laporan perubahan modal, nah setelah dibuat maka laporan perubahan modal usaha jasa rias CantiQ yaitu sebagai berikut :

Laporan Perubahan Modal perusahan jasa

Cara Membuat Neraca atau Balance Sheet

Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan aktiva dan pasiva atau laporan keuangan yang menyajikan kekayaan perusahaan dan sumber kekayaan perusahaan. Untuk Membuat neraca berdasarkan Tabel PDA sangatlah mudah karena kita hanya perlu mengutip saldo total dari setiap akun yang ada di dalam tabel PDA. Setelah dibuat maka neraca yang dibuat untuk jasa rias CantiQ yaitu sebagai berikut :

Contoh Neraca Perusahaan Jasa

Bagaimana sahabat, sekarang anda sudah paham cara membuat laporan keuangan sederhana berdasarkan tabel PDA? Jika anda masih kesulitan, silahkan terangkan apa yang belum anda pahami dalam kotak komentar.

Leave a Reply