Cara Membuat Jurnal Umum Langkah demi Langkah

Anda Masih Kesulitan dalam membuat Jurnal umum? Jika anda saat ini baru mulai belajar akuntansi maka biasanya masih bingung saat menentukan posisi debit dan posisi kredit sebuah akun. Akibat dari kebingungan tersebut maka anda akan merasa sulit saat membuat jurnal umum.

Cara Membuat Jurnal Umum sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan jika anda sudah tahu kunci dari pembuatan jurnal umum tersebut.

Kunci agar anda mudah dalam membuat jurnal umum, yaitu analisa yang baik saat menentukan debit dan kredit. Untuk anda yang belum tahu cara analisa debit dan kredit, silahkan baca pedoman dalam analisis posisi debit dan kredit suatu akun.

Nah, Sahabat untuk meningkatkan pemahaman anda terkait cara membuat jurnal umum maka dalam artikel ini akan disajikan soal akuntansi terkait penyusunan jurnal umum dan pembahasannya.
Untuk Memulai Pembahasan penyusunan jurnal umum, silahkan saudara simak ilustrasi berikut ini :

Latihan Soal Pembuatan Jurnal Umum

Usman Tailor merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, yaitu jasa jahit pakaian pria dan wanita. Selama bulan februari 2018 transaksi-transaksi yang terjadi dalam operasional “usman Tailor” yaitu sebagai berikut :

  1. Tanggal 1 februari 2018 Pak Usman Mendirikan jasa jahit dengan nama “Usman Tailor”. Pak usman menginvestasikan uang sebesar Rp 10.000.000 sebagai modal awal untuk usahanya.
  2. Tanggal 3 februari 2018 dibeli peralatan jahit sebesar Rp 1.300.000 secara tunai.
  3. Tanggal 4 februari 2018 dibeli perlengkapan jahit senilai 300.000 secara kredit.
  4. Tanggal 15 februari 2018 diterima pendapatan dari pelanggan sebesar Rp 900.000
  5. Tanggal 24 februari 2018 dibayar beban listrik dan telepon dengan total Rp 190.000
  6. Tanggal 27 februari, Pak Usman mengambil sebagian modalnya untuk kepentingan pribadi senilai Rp 100.000.

Setelah Anda Baca satu persatu transaksi di atas, sekarang cobalah anda berlatih membuat jurnal umum sesuai transaksi diatas !!!
Bagaimana sahabat, apakah anda sudah selesai membuat jurnal umumnya? Jika sudah silahkan cocokan jawaban anda dengan jawaban kami berikut ini :

Cara membuat jurnal umum
Jika hasil kerjaan anda sudah benar semua maka kami ucapkan selamat, namun jika masih ada yang salah, maka silahkan anda simak pembahasan cara membuat jurnal umum berikut ini :

Pembahasan Soal Pembuatan jurnal umum perusahaan jasa

Tanggal 1 Februari 2018 :
Transaksi Tanggal 1 februari merupakan transaksi penyetoran modal dari pemilik untuk perusahaan. Akun yang terlibat dalam transaksi terseebut yaitu akun modal dan akun kas. Pengaruh transaksi tersebut terhadap akun kas yaitu kas bertambah karena pemilik usaha yaitu pak usman baru saja menyetor modal dalam bentuk uang tunai sehingga kasnya bertambah. Pengaruh transaksi terhadap modal yaitu modal bertambah karena pemilik menginvestasikan atau menyetorkan modal untuk perusahaan sehingga modal perusahaan bertambah. Nah, Kas Merupakan jenis dari harta jika harta bertambah maka harus di debit, sebaliknya Modal harus di kredit karena jika modal bertambah maka harus di kredit. Sehingga Jurnal Umum yang dibuat yaitu :
(D) Kas………… 10.000.000
(K) Modal Usman……… 10.000.000

Tanggal 3 Februari 2018 :
Transaksi tanggal 3 februari yaitu transaksi pembelian peralatan secara tunai. Transaksi ini melibatkan akun peralatan dan akun kas (karena dilakukan secara tunai). Pengaruh adanya transaksi tersebut terhadap akun peralatan yaitu peralatan bertambah, sedangkan pengaruh transaksi tersebut terhadap kas yaitu kas berkurang, hal ini karena kas digunakan untuk membeli peralatan. Nah baik kas maupun peralatan adalah jenis dari harta. Jadi jika peraltan bertambah maka harus di debit sedangkan jika kas berkurang maka harus di kredit. Sehingga Jurnal Umum yang dibuat adalah sebagai berikut :
(D) Peralatan ……………. 1.300.000
(K) Kas …………………………… 1.300.000

Tanggal 4 februari 2018 :
Transaksi tanggal 4 yaitu transaksi pembelian perlengkapan secara kredit. Akun yang terlibat dalam transaksi ini yaitu perlengkapan dan hutang (karena dilakukan secara kredit). Pengaruh transaksi tersebut terhadap perlengkapan yaitu perlengkapan bertambah sedangkan pengaruh transaksi tersebut terhadap hutang yaitu hutang bertambah. Perlengkapan merupakan salah satu jenis Harta sehingga jika perlengkapan bertambah maka harus di debit sedangkan jika hutang bertambah maka harus dikredit. Sehingga jurnal umum yang dibuat yaitu :
(D) Perlengkapan ……….. 300.000
(K) Hutang …………………………. 300.000

Tanggal 15 Februari 2018 :
Transaksi yang terjadi tanggal 15 februari 2018 yaitu penerimaan pendapatan jasa. Transaksi ini melibatkan akun pendapatan dan akun kas. Pengaruh transaksi ini terhadap akun pendapatan yaitu pendapatan bertambah sedangkan pengaruh transaksi tersebut terhadap kas yaitu kas bertambah. Kas merupakan salah satu jenis harta sehingga jika kas bertambah maka harus di debit sedangkan jika pendapatan bertambah maka harus di kredit. Sehingga Jurnal Umum yang harus dibuat yaitu :
(D) Kas ……………..900.000
(K) Pendapatan ……….900.000

Tanggal 24 Februari 2018 :
Transaksi yang terjadi pada 24 februari 2018 yaitu transaksi pembayaran beban listrik dan telepon. Transaksi ini melibatkan akun beban listrik dan telepn serta melibatkan akun kas. Pengaruh transaksi ini terhadap beban listrik dan telepon yaitu beban listrik dan telepon bertambah sedangkan pengaruh transaksi tersebut terhadap kas yaitu kas berkurang karena digunakan untuk membayar beban listrik dan telepon. Kas Merupakan jenis dari harta sehingga jika kas berkurang maka harus di kredit sedangkan jika beban bertambah maka harus di debit. Sehingga jurnal umum yang harus di buat adalah :
(D) Beban telepon dan Beban Listrik …….190.000
(K) Kas …………………………………………….. 190.000

Tanggal 27 Februari 2018 :
Transaksi tanggal 27 februari 2018 yaitu transaksi pengambilan sebagian modal oleh pemilik untuk kepentingan pribadinya (prive). Transaksi ini melibatkan akun prive dan akun kas. Pengaruh transaksi ini terhadap kas yaitu kas berkurang karena telah diambil pemilik, sedangkan pengaruh transaksi tersebut terhadap akun prive yaitu prive bertambah. Kas merupakan salah satu jenis dari harta sehingga jika kas berkurang maka harus di kredit sedangkan prive jika bertambah harus di kredit karena prive bersifat mengurangi modal secara langsung. Sehingga Jurnal umum yang dibuat yaitu :
(D) Prive Usman ………….100.000
(K) Kas …………………………………100.000

Demikian sahabat,,,,semoga pembahasan cara membuat jurnal umum perusahaan jasa ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply