Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Jasa

Cara Membuat Buku Besar

Home » Artikel » Akuntansi » Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Jasa dengan Mudah

Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Jasa dengan Mudah

2018-07-06T11:26:28+00:00 By |Akuntansi|0 Comments

Bagaimanakah cara membuat buku besar? Atau bagaimana cara posting jurnal ke buku besar? Nah pertanyaan tersebut seringkali muncul dari seseorang yang baru belajar akuntansi. Jika anda saat ini juga masih bingung cara membuat buku besar maka silahkan baca artikel ini sampai selesai agar anda dapat menguasai cara posting ke buku besar dengan tepat.

Sebanarnya cara membuat buku besar atau istilahnya posting ke buku besar merupakan hal yang mudah, mengapa mudah? Karena kita hanya perlu memindahkan saja saldo total dari setiap akun yang ada di jurnal ke buku besar.
Pembuatan buku besar dalam perusahaan jasa dilakukan secara berkala, jadi ketika anda sudah mencatat transaksi keuangan ke dalam jurnal umum maka anda langsung memposting ke buku besar. Dengan demikian tanggal dalam jurnal umum akan sama dengan tanggal dalam buku besar.

Simak Juga : Pengertian dan Bentuk – bentuk buku besar dalam akuntansi

Berbeda dengan perusahaan dagang, pembuatan buku besar dalam perusahaan dagang dilakukan pada akhir periode saja karena proses posting jurnal khusus ke buku besar dilakukan secara periodik.

Nah, Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat buku besar perusahaan jasa, simak prosedur berikikut ini dengan baik.

Cara Membuat Buku Besar 4 Kolom Perusahaan jasa

Prosedur yang dilakukan untuk membuat buku besar pada perusahaan jasa ada 5, selengkapnya yaitu :

  • Mengisi Tanggal proses posting buku besar dilakukan, tanggalnya sama dengan tanggal pencatatan yang dilakukan di jurnal umum.
  • Mengisi Kolom keterangan, Isilah kolom keterangan dengan nama akun yang mempengaruhi buku besar akun tersebut. Jika ada saldo awal untuk buku besar tersebut maka isilah dengan keterangan “saldo awal”
  • Mengisi kolom Referensi, Isilah kolom ref ini dengan jenis atau nama jurnal yang diposting dan nomor halamannya, misal Jurnal umum halaman 1, bisa disingkat JU 01.
  • Mengisi Kolom debit dan kredit, isilah kolo, debit dan kredit sesuai dengan posisi akun tersebut pada jurnal umum, misalnya akun kas dalam jurnal umum posisi debit maka dalam buku besar juga posisi debit.
  • Mengisi Kolom SALDO, isilah dengan hasil dari penambahan atau pengurangan hingga akhirnya nanti akan terlihat saldo akhir buku besar akun tersebut.
Baca juga  Laporan Keuangan Usaha Kecil dan Komponen-komponen Pentingnya

Latihan Cara Posting Jurnal Umum Ke buku Besar Perusahaan Jasa

Setelah Anda pahami dengan baik prosedur pembuatan buku besar 4 kolom atau buku besar saldo rangkap di atas, maka untuk mempertajam pembahaman anda, silahkan simak ilustrasi berikut ini dan berlatihlah untuk menjawabnya.

Pada 9 Februari 2018 “Usman Tailor” yang merupakan usaha jahit pakaian pria dan wanita membeli peralatan jahit dengan harga Rp 2.500.000. No Bukti Transaksi yang tertera dalam bukti transaksi yaitu BKK01
Berdasakan transaksi di atas maka jurnal umum yang dibuat “usman Tailor” yaitu sebagai berikut :

jurnal Umum perusahaan jasa
Silahkan anda amati jurnal umum di atas! Kolom Referensi (Ref) Jurnal umum tersebut belum terisi, anda tau sebabnya? Benar, hal itu karena jurnal umum tersebut belum di posting ke buku besar.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Umum perusahaan jasa dengan Mudah

Langkah – Langkah Posting Jurnal Umum Ke Buku Besar

Dalam jurnal Umum yang di buat oleh “usman Tailor” di atas dapat dilihat bahwa ada 2 nama akun yaitu akun peralatan dan akun kas, Jadi buku besar yang akan kita buat ada 2 juga yaitu buku besar kas dan buku besar peralatan.

Sahabat, Silahkan Amati Proses Posting Jurnal Umum ke Buku besar Berikut ini :

Cara membuat buku Besar Perusahaan Jasa

Pada buku besar kita harus Menuiskan kode akun yang pada posisi pojok kanan atas buku besar yang bersangkutan, kode akun ini nantinya dituliskan juga pada kolom ref jurnal umum, sebagai tanda bahwa jurnal umum tersebut sudah diposting ke buku besar. Dalam transaksi Keuangan di atas maka kode akun yang di tuliskan yaitu kode 111 untuk akun kas dan kode 121 untuk peralatan.

Sahabat, Demikianlah Pembahasan Cara membuat buku besar perusahaan jasa yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda, Jika anda masih ada kesulitan silahkan sampaikan di kolom komentar.

Baca juga  Akuntansi Murabahah dan Penjelasannya Sebagai Bagian dari Lembaga Keuangan Islam

Leave A Comment