Cara Membayar Pajak Online dengan Mudah, cepat, dan Efisien

Home » Artikel » Perpajakan » Cara Membayar Pajak Online dengan Mudah, cepat, dan Efisien

Cara Membayar Pajak Online dengan Mudah, cepat, dan Efisien

2017-12-29T20:52:44+00:00 By |Perpajakan|0 Comments

Membayar pajak merupakan suatu hal yang wajib hukumnya sebagai warga negara yang baik. Membayar pajak dapat dilakukan secara langsung ataupun secara online. Namun, cara membayar pajak online terkadang membuat si pembayarnya merasa kebingungan.

Padahal dengan membayar pajak secara online anda selaku pembayar memiliki keuntungan yaitu menghemat waktu karena tidak perlu lagi mengantre di bank. Artinya pajak hanya dibayarkan melalui aplikasi dan dibayarkan secara instan.

Cara Membayar Pajak Online

Bayar pajak secara online merupakan sistem baru yang diterapkan di Indonesia. Cara ini dianggap lebih efisien dan fleksibel. Anda bisa duduk manis di layar komputer dimanapun anda berada untuk membayar pajak.

Tata cara pembayaran pajak online memang sangat membantu bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengantre di bank. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi eBiling online pajak anda akan sangat terbantu sekali.

Langkah atau Cara Membayar Pajak Online, Tidak Perlu Antre

Bingung dengan cara bayar pajak online? Anda tidak perlu bingung lagi sekarang, karena disini dipaparkan tata cara membayar pajak melalui sistem online yang memberikan anda banyak keuntungan terutama mengenai hemat waktu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Melakukan Pendaftaran

Daftarkan misalnya perusahaan anda pada online pajak. Daftarkan perusahaan anda terlebih dahulu dengan mengisi data diri perusahaan yaitu dengan menuliskan secara lengkap profil dari perusahaan, kemudian jangan lupa mengisi nomor pokok wajib pajak perusahaan anda. Lakukan pendaftaran tahap pertama ini pada ASP online pajak.

2. Buatlah ID Billing di ASP Onlie Pajak. Caranya yaitu:

=> Masuk ke dalam menu e-Billing, lalu klik gambar atau simbol dari e-Billing
a. Untuk Daftar Satu ID Billing, caranya:

  • Klik tombol “+” pada menu untuk anda membuat ID Billing tanpa melakukan proses hitung otomatis
  • Pastikan kode akun pajak (KAP) dan kode jenis setoran (KJP) yang anda buat sudah benar, lalu lengkapi detail pembayaran pajak anda. Selanjutnya anda klik “Buat ID Billing”
Baca juga  Perbedaan Pajak dan Retribusi Yang Perlu Anda Ketahui

b. Cara Daftar e-Billing Pajak untuk Lebih dari Satu ID Billing:

  • Klik simbol “↑” pada bagian menu sebelah pojok kanan, letaknya di bawah simbol “+” lalu untuk mengunggah data e-Billing anda ke online pajak klik tombola tau simbol “+”
  • Unduh template excel ID Billing online pajak, lengkapi data pembayaran pajak anda sesuai format template tersebut.
  • Unggah file excel yang datanya sudah diperbarui ke aplikasi online pajak. Secara otomatis dan bersamaan anda akan masuk kedalam menu daftar setoran.

=> Dapatkan Kode Billing Anda
Kode billing anda akan seketika itu diterbitkan di daftar pembayaran pajak dan akan segera dikirim ke alamat email anda.

3. Gunakan ID Billing anda untuk Membayar Pajak Secara Online. Caranya:

  • Cara membayar pajak online yaitu dengan memasukan nomor ID Billing yang telah anda buat dengan memanfaatkan fitur pembayaran pajak secara online melalui aplikasi.
  • Seketika itu anda akan segera menerima (NTPN) Nomor Tanda Penerimaan Negara. Setelah melakukan proses pembayaran kemudian masukanlah NPTN tersebut kedalam laporan SPT anda. Lalu anda akan mlakukan pelaporan bukti telah melakukan pembayaran pajak atau disebut dengan e-Filing.

Tidak begitu sulit sebenarnya cara membayar pajak online, semoga paparan mengenai cara bayar pajak lewat onlie memberikan manfaat yang berarti bagi anda. Orang bijak selalu bayar pajak. Dengan membayar pajak tentunya anda sama aja telah ikut membantu mengembangkan negara anda sendiri, karena pemasukan negara salah satunya didaptkan dari perpajakan.

Leave A Comment