Audit kecurangan Dalam Perusahaan dan Jenis-Jenisnya

Audit kecurangan adalah tinjauan penelitian atas dokumen keuangan untuk mencari titik dimana angka dan laporan keuangan tidak sesuai. Audit mengenai kecurangan dilakukan saat ada tanda-tanda mengenai kecurangan yang terjadi. Beberapa perusahaan melakukannya sebagai tindakan pencegahan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan dan menangkapnya sebelum pelaku menerima terlalu banyak uang.

Audit kecurangan digunakan untuk mengidentifikasi transaksi penipuan, bukan untuk mengetahui bagaimana kecurangan terciptakan. Hal ini kerap kali menjadi kesalahan umum karena banyak orang menganggap atau percaya bahwa audit dan investigasi adalah proses yang sama. Auditor hanya menelusuri setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, mencari yang salah, jika ada. Seorang auditor biasa hanya memeriksa angka untuk akurasi.

Jenis Kecurangan Dalam Audit

Dua jenis kecurangan yang dapat mengakibatkan kesalahan dalam penyajian laporan keuangan:

audit kecurangan

Audit kecurangan Pelaporan Keuangan

Dalam audit kecurangan terdapat pelaporan keuangan dimana perusahaan mengirimkan barang-barang yang belum dipesan kemudian mencatat pendapatan seolah memenuhi semua kriteria untuk pengakuan pendapatan. Hal ini akan menyebabkan pencatatan pendapatan yang tidak sesuai.

Simak Juga Artikel Tentang Penjelasan Lengkap Audit Siklus Pendapatan

Dalam kasus lain yang melibatkan produk dengan teknologi terbaru. Karyawan perusahaan mungkin telah menyediakan pelanggan dengan kesepakatan yang memberikan hak pengembalian atas alasan apapun atau melakukan pembayaran untuk barang yang berkaitan dengan penerimaan dana atau acara lainnya. Dalam kasus seperti ini, kesepakatan umum biasanya tidak diungkapkan kepada auditor karena transaksi yang mendasarinya tidak memenuhi kriteria pengakuan pendapatan berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Audit kecurangan Penyalahgunaan Aset

Penyalahgunaan aset adalah pencurian uang tunai, persediaan atau sekuritas. Praktisi kecil secara khusus meminta panduan di bidang ini karena mereka cenderung mengalami penyalahgunaan aset daripada pelaporan keuangan yang tidak benar. Auditor dari perusahaan besar lebih mementingkan pelaporan keuangan yang curang dari sudut pandang materialitas. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa panduan tentang penyalahgunaan informasi juga akan sangat membantu auditor.

Beberapa praktisi mempertanyakan tanggung jawab auditor untuk mendeteksi deflasi signifikan tertentu. Contohnya seperti di perusahaan ritel dimana pencurian terlihat dalam harga pokok penjualan setelah persediaan disesuaikan dengan jumlah aktual yang ada. Sementara jawabannya tergantung pada fakta dan keadaan aktual yang ada. Pelaku penyalahgunaan aset seringnya dilakukan oleh level manajemen yang lebih rendah. Namun tidak memungkinkan level manajemen lebih tinggi juga melakukan pencurian aset perusahaan.

Tanggung Jawab Komite Audit dalam Audit kecurangan

Ada yang harus bertangggung jawab dalam mengatasi audit dalam kecurangan. Komite audit mempunyai tanggung jawa utama untuk pengendalian internal juga bagaimana laporan keuangan disusun. Sudah sepantasnya juga komite audit menciptakan etika dalam penyusunan laporan keuangan yakni kejujuran dan transparansi. Kecurangan dalam bentuk apapun tidak bisa ditoleransi. Tidak melihat jenjang manajemen, junior maupun senior, komite audit harus mencegah kecurangan.

Baca Juga Info tentang Penjelasan Pajak Tidak Langsung dan Pajak Langsung

Pada kesimpulannya, audit kecurangan menelaah sesuatu hal yang tidak sesuai atau tidak beres dengan pencatatan laporang keuangan dan hal-hal yang memiliki pengaruh pada laporan keuangan. Tanggung jawab auditor berkaitan dengan pendeteksian kesalahan penyajian yang disebabkan oleh kecurangan. Jika ditelusuri lebih dalam, audit tentang kecurangan sebenarnya merupakan layanan konsultasi yang mencakup mencakup proporsi wawancara yang lebih tinggi daripada audit normal, karena auditor juga mencari petunjuk dari karyawan yang mungkin telah memperhatikan perilaku yang menunjukkan kecurangan. Karena hasilnya tidak melibatkan opini terhadap laporan keuangan klien.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Discussion

  1. aldi

Leave a Reply