Audit Internal dan Eksternal: Bagaimana Anda Memahami Perbedaannya

Audit merupakan sistem yang menguji tingkat akurasi laporan keuangan dan sistem akuntansi lainnya. Audit sendiri terbagi menjadi audit internal dan eksternal. Keduanya memiliki perbedaan yang spesifik. Audit internal akan memeriksa masalah yang berkaitan dengan praktik dan risiko bisnis perusahaan. Sementara itu, audit eksternal memeriksa catatan keuangan dan mengeluarkan pendapat mengenai laporan keuangan perusahaan. Internal dilakukan sepanjang tahun sedangkan eksternal tiap tahunan tunggal.

Audit Internal versus Eksternal

Audit Internal dan Eksternal
Auditor internal bekerja dalam suatu organisasi dan melaporkannya kepada komite audit atau direktur. Mereka membantu merancang sistem pengorganisasian perusahaan dan membantu mengembangkan kebijakan manajemen risiko yang spesifik. Mereka juga memastikan bahwa semua kebijakan yang diterapkan untuk manajemen risiko berjalan efektif. Pekerjaan auditor internal cenderung terus berlanjut dan didasarkan pada sistem pengendalian internal suatu entitas bisnis dengan berbagai ukuran yang ada.

Baca Juga Info tentang Prosedur Audit Aset Tetap yang Benar

Auditor eksternal bersifat independen terhadap organisasi yang mereka audit. Mereka melapor kepada pemegang saham perusahaan. Mereka memberikan pendapat yang berpengalaman mengenai kebenaran laporan keuangan perusahaan dan melakukan pekerjaan berdasarkan pengujian untuk memantau sistem yang ada.

Perbedaan Internal Audit dan Eksternal Audit

Terdapat empat perbedaan utama dalam aktivitas auditor internal dan eksternal. Masing-masing dibahas secara mendalam di bawah ini.

1. Perjanjian Audit internal dan eksternal

Auditor eksternal ditunjuk oleh pemegang saham perusahaan, walaupun hal ini biasanya dilakukan melalui diskusi dengan direksi. Auditor eksternal harus ditunjuk dari perusahaan yang berbeda. Terlepas dari auditor internal mereka sendiri yang biasanya adalah karyawan dari organisasi itu sendiri. Menjaga agar klien bahagia sebagai auditor eksternal seringkali lebih sulit daripada internal karena Anda sudah mengenal orang di sekitar Anda.

2. Tujuan Audit internal dan eksternal

Tujuan auditor eksternal biasanya ditentukan oleh undang-undang sementara manajemen akan menetapkan tujuan audit internal. Auditor eksternal umumnya memiliki kebebasan untuk memeriksa dan menilai setiap aspek. Manajemen dapat menentukan dan fokus ke area tertentu yang mereka inginkan agar fokus pada auditor internal.

3. Tanggung jawab Audit internal dan eksternal

Auditor eksternal bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan, siapa saja dengan alur dari pemiliknya kepada pemegang saham, pemerintah atau masyarakat umum. Auditor internal bertanggung jawab sepenuhnya kepada manajemen senior perusahaan/upper level management.

4. Closer look Audit internal dan eksternal

Audit internal dirancang untuk melihat risiko utama yang dihadapi bisnis dan bagaimana bisnis mengelola risiko tersebut secara efektif. Biasanya menghasilkan saran/rekomendasi untuk perbaikan lintas departemen. Hal yang berkaitan dengan keuangan dan non-keuangan biasanya disertakan dan reputasi perusahaan menjadi faktor yang penting untuk dinilai.

Kesimpulan auditing internal dan eksternal adalah, audit eksternal berfokus pada keuangan dan risiko utama yang terkait dengan keuangan bisnis. Eksternal biasanya dilakukan setidaknya setiap tahun untuk memberikan audit tahunan dari akun keuangan. Audit ini dirancang untuk menunjukkan apakah akun tersebut sudah dilakukan dengan benar dan adil. Auditor eksternal akan mengevaluasi semua kontrol internal yang diterapkan untuk mengelola risiko keuangan untuk menilai apakah perusahaan bekerja secara efektif.

Simak Juga Artikel Tentang Tata cara Audit Siklus Persediaan Dan Pergudangan

Bekerja di sektor audit internal dan eksternal selalu menantang. Anda bisa bekerja sebagai auditor eksternal atau internal, keduanya akan membuat Anda akan menghadapi banyak tantangan karir. Banyak orang memilih untuk bekerja dalam peran internal untuk memiliki persahabatan dan hubungan kerja dengan satu perusahaan. Sementara yang lain menikmati beragam pekerjaan yang mereka hadapi/tantangan pekerjaan dengan hal yang berbeda setiap harinya.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply