Apa Itu Amnesti Pajak? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Sebagai warga negara yang baik anda tentunya wajib membayar pajak. Uang dari pembayaran pajak merupakan salah satu pendapatan negara.

Dengan membayar pajak maka anda sudah berpartisipasi dalam kemajuan sebuah negara. Jika anda luput belum membayar pajak anda tidak perlu khawatir karena kini ada yang namanya amnesti pajak.

Apa Itu Amnesti Pajak

Apa itu amnesti pajak, masih ada segelintir orang yang memang belum mengetahui amnesti pajak. Maka, disini akan dibeberkan mengenai amnesti pajak.

Amnesti pajak merupakan pengampunan pajak untuk pajak yang terdahulu belum dibayarkan. Semua warga negara wajib melaksanakannya jika memang ada pajak yang terdahulu belum dibayarkan.

Pemerintah berharap program ini akan berjalan dengan lancar. Manfaat amnesti pajak sangat besar bagi negara. Dengan tertibnya orang membayar pajak bukan tidak mungkin fasilitas umum juga akan bertambah maju, yang kurang baik diperbaiki dan yang belum ada semoga dilengkapi.

Apa Itu Amnesti Pajak, Mari Kita Bahas

Siapa saja yang terkena amnesti pajak, bagaimana tahapan melakukan amnesti pajak, dan pengertian lainnya masih belum semua mengetahui tentang itu. Maka, disini akan dikupas mengenai amnesti pajak:

Apa Tujuan Undang-undang Amnesti pajak

Tujuan undang-undang amnesti pajak yang pertama yaitu, mempercepat restrukturisasi dan pertumbuhan ekonomi. Nantinya, diharapkan berpengarus kepada peningkatan kulitas domestik, penurunan dari suku bunga, peningkatan investasi, dan tentunya perbaikan nilai tukar rupiah.

Tujuan selanjutnya yaitu, mendorong perubahan dan kemajuan sistem perpajakan yang lebih baik, adil, dan memperluas basis pekertjaan yang terintegrasi serta lebih valid. Kemudian tujuan ketiga yaitu untuk meningkatkan penerimaan pajak negara tentunya. Begitulah kira-kira tujuan amnesti pajak.

Siapa Saja yang Terkena Amnesti Pajak

Orang yang terkena amnesti pajak atau orang yang dapat memanfaatkan amnesti pajak yaitu, mereka yang memang terkena wajib pajak orang pribadi, kemudian wajib pajak badan, mereka yang terkena wajib pajak usaha misalkan di bidang (UMKM) Usaha Mikro Kecil Menengah.

Kemudian mereka orang yang tadinya belum memiliki wajib pajak. Begitulah kira-kira contoh amnesti pajak yang bisa anda bayarkan melalui amnesti pajak. Ada di posisi manakah anda? Silahkan bayar pajak, karena orang bijak bayar pajak.

Apa Saja Syarat dan ketentuan Mengajukan Amnesti Pajak

Syarat dan ketentuan utama mengajukan amnesti pajak ialah anda harus memilki Nomor Pokok Wjib Pajak atau disingkat NPWP. Kemudian anda membayar tebusan, melunasi kekurangan pembayaran pajak bagi wajib pajak yang sedang dilakukan pemeriksaan, melunasi seluruh tunggakan pajak, menyampaikan SPT PPH terakhir.

Jika anda selaku wajib pajak mendeklarasikan harta yang berada di dalam negeri, harta tidak boleh dialihkan ke luar NKRI minimal 3 tahun lamanya. Jika wajib pajak ada di luar negeri, harta itu harus diinvestasikan minimal 3 tahun di Indonesia.

Surat Keterangan Amnesti Pajak

Gambaran berikutnya mengenai apa itu amnesti pajak ialah, surat keterangan yang memiliki fungsi untuk menandai anda yang sudah membayar amnesti pajak untuk tidak mengalihkan hartanya ke luar negeri jika wajib pajak berada di dalam negeri dan mereka yang di luar negeri untuk menginvestasikan hartanya ke Indonesia. Terbitnya surat ini kurang lebih selama 10 hari.

Sanksi Amnesti Pajak

Sanksi ini berlaku kepada anda selaku wajib pajak yang tidak mengikuti amnesti pajak yaitu, jika wajib pajak tidak mengikuti amnesti pajak namun ditemukan data harta dan terkena wajib pajak yang diperoleh dari periode 1 januari 1985 – 31 Desember 2015 dan belum melapor, maka dianggap sebagai tambahan penghasilan dikenai pajak dan terkena sanksi.

Simak Juga Artikel : Penjelasan dan Perhitungan Pajak Jual Beli Rumah

Paparan pengertian amnesti pajak ini bertujuan untuk membantu anda yang belum paham dengan apa itu amnesti pajak. Semoga dengan membacanya anda dapat lebih paham mengenai amnesti pajak.

Leave a Reply