Manfaat Analisis SWOT Perusahaan Untuk Usaha Lama dan Baru Milik Anda!

Sebelum membuka sebuah usaha baru, penting untuk anda mengetahui tentang kelemahan ataupun kekuatan tentang usaha yang akan dibuka. Setelah mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan dari usaha tentunya dapat dilakukan evaluasi. Sehingga usaha dapat menjadi lebih baik, hal inilah yang dinamakan analisis SWOT perusahaan. Ingin tahu secara lebih lagi tentang SWOT? Berikut informasi lengkapnya untuk anda.

Manfaat Menggunakan Analisis SWOT Perusahaan dalam Usaha Baru

Analisis SWOT Perusahaan

Banyak orang yang mengetahui bahwa analisis SWOT hanya dapat dilakukan setelah usaha berjalan. Namun hal ini salah, karena analisis SWOT dapat dilakukan sejak membuka usaha baru. Asalkan cara membuat analisis SWOT perusahaan dilakukan dengan benar. Lalu, apakah manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan analisis SWOT? Penasaran? Simaklah informasinya berikut ini.

1. Mengetahui Kekuatan Usaha

Pada bagian ini anda akan mengetahui tentang kekuatan dari usaha anda. Tidak hanya itu, bagian ini juga akan menjelaskan tentang bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari kekuatan usaha yang anda milikki. Misalnya analisis SWOT usaha online shop. Kekuatan terdapat pada kemudahan dalam berbelanja. Dan dari sinilah akan memberikan keuntungan untuk anda.

2. Mengetahui Kekuatan dalam Menghadapi Ancaman

Kekuatan yang ada dalam usaha tidak hanya berpeluang untuk memberikan keuntungan. Namun juga membuat anda waspada pada ancaman yang mungkin muncul. Sehingga ancaman dapat segera diatasi sebelum terjadi. Contohnya analisis SWOT kerajinan rotan. Kekuatannya rotan yang digunakan adalah rotan terbaik. Namun ancamannya adalah sulitnya mendapatkan rotan yang terbaik. Setelah mengetahui hal tersebut, anda dapat mengatisipasi dengan mencari tempat produksi rotan terbaik lainnya.

3. Analisa Usaha Baju dalam Hal Kelemahan

Kelemahan dalam bagian ini adalah kelemahan yang mungkin terjadi dalam usaha. Artinya, penghalang-penghalang yang mungkin terjadi pada saat melakukan usaha. Dan akan menghambat berkumpulnya keuntungan. Dengan mengetahui kelemahan yang mungkin terjadi, misalnya dalam hal pemasaran. Anda dapat mengantisipasi terjadi hal tersebut. Misalnya dengan mencoba memasarkan baju melalui toko online.

4. Menciptakan Ancaman Baru dengan Kelemahan

Tidak hanya berguna untuk mengatasi masalah, analisis SWOT perusahaan juga dapat berguna untuk menebarkan ancaman baru bagi usaha lain. Artinya, setelah anda menyelesaikan kelemahan yang dimilikki, anda dapat memanfaatkan kelemahan tersebut sebagai ancaman bagi usaha lain. Sehingga usaha lain tersebut mulai mengantisipasi berjalannya usaha anda.

Faktor Yang Mempengaruhi Lancarnya Analisis SWOT

Walaupun dilihat begitu mudah untuk menjalankannya, terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi jalannya SWOT, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Berikut informasi lengkapnya,

1. Faktor Eksternal

Banyak hal yang akan mempengaruhi SWOT dari bagian eksternal, misalnya tren, budaya, sosial, politik, peraturan pemerintah yang baru, perkembangan teknologi yang terjadi, dll. Oleh karenanya, setiap pelaku usaha wajib melakukan pembaruan SWOT perusahaan, jika SWOT lama dirasa sudah tidak cocok lagi untuk digunakan.

2. Faktor Internal

Selain faktor eksternal, faktor internal pun dapat menganggu kelancaran jalannya SWOT. Hal tersebut adalah sumber daya yang dimilikki, keuangan atau finansial, kelebihan dan kelemahan internal serta pengalaman organisasi sebelumnya. Jika masalah anda didalam internal, sebaiknya sering-seringlah melakukan evaluasi. Sehingga usaha akan dapat berjalan dan menghadapi masalah dari eksternal secara bersama-sama.

Apakah sudah cukup paham tentang SWOT dan faktor yang mempengaruhinya? Jika iya, siapkanlah analisis SWOT perusahaan milik anda. Sehingga usaha anda dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Dan juga mampu menghadapi beragam ancaman yang mungkin muncul dalam berusaha. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply