Akuntansi Sebagai Sistem Informasi: Komponen dan Pentingnya Bagi Suatu Organisasi

Akuntansi sebagai sistem informasi biasa disebut dengan istilah SIA (Sistem Informasi Akuntansi). SIA merupakan struktur yang digunakan dalam bisnis untuk menyimpan, mengumpulkan, memproses, mengelola dan melaporkan data keuangan. Data ini nantinya akan digunakan oleh akuntan, konsultan, analis bisnis, manajer dan CFO (Chief Financial Officer). Auditor dan badan yang mengatur pajak juga akan menggunakannya. Akuntan yang sudah terlatih dengan khusus akan bekerja sama dengan SIA untuk memastikan akurasi transaksi keuangan dalam perusahaan.

Akuntansi sebagai sistem informasi

Syarat-Syarat Kualitas Sistem Informasi Akuntansi

Akuntansi sebagai sistem informasi pada umumnya terdiri dari 6 bagian utama yakni, orang, prosedur, data, perangkat lunak, infrastruktur teknologi informasi dan pengendalian internal. Berikut penjelasan mengenai komponen sistem informasi akuntansi yang perlu Anda ketahui.

Simak Juga Artikel Tentang Perkembangan Akuntansi Di Indonesia LENGKAP

1. Orang-orang yang terlibat dalam akuntansi sebagai sistem informasi

Orang-orang yang terlibat pada SIA adalah para pengguna sistem. Penggunanya kebanyakan adalah profesional yang mencakup akuntan, konsultan, analis bisnis, manajer, CFO, dan juga auditor. Sistem informasi akan membantu departemen dalam bekerja sama di suatu perusahaan. Dengan adanya akuntansi sebagai sistem informasi yang baik, semua pihak yang berwewenang bisa mengakses informasi yang sama.

2. Prosedur dan Instruksi

Prosedur yang digunakan adalah metode yang berupa mengumpulkan, menyinmpan, mengambil dan memproses data. Metode bisa manual dan otomatis. Data yang didapatkan berasal dari sumber internal dan sumber eksternal. Contoh sumber internal misalnya karyawan, dan eksternal misalnya pesanan konsumen. Harus ada struktur database terstruktur untuk menyimpan informasi. Sumber-sumber informasi harus “dikodekan” agar rahasia terjaga.

3. Data Sistem Informasi Akuntansi

Data yang terkandung dalam akuntansi sebagai sistem informasi adalah semua informasi keuangan yang berkaitan dengan praktik organisasi. Setiap data bisnis yang mempengaruhi keuangan perusahaan harus masuk ke SIA. Data yang termasuk dalam SIA akan tergantung pada kategorisasi bisnis dan akan digunakan untuk menyusun laporan akuntansi seperti amortisasi/penyusutan, neraca saldo, laba rugi, penangguhan piutan, dan lain sebagainya. Data akan dimasukkan dalam satu tempat dengan lengkap, benar dan relevan. Beberapa data tidak masuk dalam SIA seperti memo, presentasi dan korespondensi.

4. Perangkat Lunak

Komponen perangkat lunak dalam SIA adalah program komputer yang dipakai untuk menyimpan, memproses dan menganalisis data keuangan perusahaan. Sebelum adanya teknologi sistem informasi akuntansi, sistemnya manual berbasis pada kertas. Kualitas, efisiensi dan keamanan yang tinggi menjadi komponen kunci dari perangkat lunak SIA. Jika program masih belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan, perangkat lunak bisa juga dikembangkan secara internal.
5. Infrastruktur Teknologi Informasi

Akuntansi sebagai sistem informasi juga membutuhkan perangkat keras. Perangkat keras yang dimaksud masih umum seperti, komputer pribadi, server, printer, router, memori dan baterai/daya cadangan. Kecepatan, kemampuan penyimpanan dan tingkat fleksibilitas juga menjadi pertimbangan dalam memilih perangkat keras.

6. Kontrol Internal

Kontrol internal atau pengendalian internal SIA merupakan tindakan pengamanan yang dibutuhkan untuk melindungi data yang sensitif. Bisa berupa hal-hal sederhana seperti kata sandi atau identifikasi biometrik. Sistem informasi untuk akuntansi harus memiliki kontrol internal untuk melindungi data dari akses yang tidak sah. Banyak data yang bersifat sangat personal dalam sistem informasi akuntansi seperti nomor jaminan sosia, kartu kredit, informasi gaji, dan yang lain. Semua data harus dienkripsi dan diperiksa.

Baca Juga Info tentang Pengertian dan Jenis Laporan Keuangan Menurut Psak yang SAH

Dapat disimpulkan bahwa akuntansi sebagai sistem informasi terdiri dari enam komponen yang semuanya bekerja sama untuk membantu karyawan. SIA berfungsi mengumpulkan, menyimpan, mengelola, memproses, mengambil, dan melaporkan data keuangan. Memiliki sistem informasi akuntansi yang berkembang dengan baik dan terjaga, efisien juga akurat merupakan komponen yang sangat diperlukan dari bisnis yang sukses.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply