Akuntansi Organisasi Nirlaba dan Bagaimana Mengenali Perbedaan dari Organisasi Biasa

Organisasi nirlaba berbeda dari organisasi lainnya. Termasuk pada sistem keuangannya. Banyak yang bertanya-tanya apakah Akuntansi organisasi nirlaba memiliki sistem yang berbeda dengan akuntansi biasanya. Bagaimana neraca, laporan keuangan, dan jurnalnya dibuat akan memiliki perbedaan. Kita akan membahas bagaimana organisasi nirlaba menggunakan komponen-komponen akuntansi dalam operasionalnya sehari-hari.

Lembaga non profit atau organisasi nirlaba berdedikasi untuk mengembangkan dan memajukan tujuan sosial tertentu. Perbedaan mendasar dari nirlaba dari perusahaan profit-oriented adalah, sumber uang yang didapatkan. Lembaga non profit juga biasanya dibebaskan dari pajak penghasilan. Surplus pendapatan yang didapatkan harus digunakan untuk pengembangan program dalam organisasi dan biasanya dijalankan oleh sukarelawan.

Simak Juga Artikel Tentang Pajak Yayasan Berdasarkan UU di Indonesia

Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba

Akuntansi Organisasi Nirlaba

Rekening Penerimaan dan Pembayaran

Pada akhir tahun, semua organisasi nirlaba menyiapkan apa yang disebut rekening penerimaan dan pembayaran. Rekening penerimaan dan pembayaran menunjukkan berapa banyak uang yang dimiliki sebuah organisasi nirlaba. Isinya berupa apa saja yang mereka habiskan dengan uang pada tahun lalu, dan berapa banyak uang yang mereka ambil. Biasanya, hal ini berupa pemeriksaan terperinci mengenai semua sumbangan yang mereka dapatkan untuk tahun ini. Sangat penting untuk organisasi nirlaba menyimpan catatan sumbangan yang mereka ambil dan dari siapa.

Rekening Penghasilan dan Pengeluaran

Akun pendapatan dan pengeluaran dalam akuntansi organisasi nirlaba menunjukkan apakah sebuah lembaga nonprofit menjalankan surplus atau defisit. Akun ini menunjukkan uang masuk dan uang keluar. Uang yang masuk akan berasal dari sumbangan, penjualan, dan hibah. Sisi pengeluaran berisi berapa banyak uang yang dihabiskan untuk program nirlaba, pembayaran kepada staf, dan biaya operasional. Dari sudut pandang perusahaan, akun pendapatan dan pengeluaran pada dasarnya adalah laporan laba rugi organisasi.

Laporan Keuangan Nirlaba

Dalam akuntansi organisasi nirlaba juga terdapat laporan keuangan. Laporan keuangan disiapkan oleh profir-oriented organisasi maupun non profit. Organisasi menyiapkan neraca agar mereka dapat mengetahui posisi keuangan organisasi mereka. Berikut dua neraca yang disiapkan oleh organisasi nirlaba:

1. Neraca Pembukaan

Neraca ini disiapkan untuk mengetahui besarnya dana modal. Di neraca ini semua aset dan kewajiban yang terkait dengan tahun sebelumnya yang telah digunakan. Jumlah modal diperoleh dengan mengurangkan total kewajiban dari total aset. (Modal = Aktiva – Kewajiban)

2. Neraca Penutupan

Di neraca ini, semua aset dan kewajiban yang terkait dengan tahun berjalan yang telah dilakukan. Aset tetap tahun sebelumnya harus ditunjukkan pada neraca penutupan setelah penyesuaian. Penyesuaian terjadi jika ada pembelian aset yang harus ditambahkan sedangkan penjualan aset dan penyusutan harus dikurangkan dari aset yang bersangkutan. Biaya dibayar di muka, pendapatan dan investasi yang harus dibayar harus ditunjukkan pada sisi aset. Penutupan saldo kas dan bank juga harus ditunjukkan pada sisi aset.

Sedangkan untuk kewajiban, semua item berbasis dana seperti donasi, hadiah dana, dana turnamen, dll ditunjukkan di sisi kewajiban. Jika sebuah organisasi telah mengambil pinjaman di tahun sebelumnya maka hal tersebut juga harus ditunjukkan dalam neraca penutupan. Pengecualian jika pembayarannya dilakukan pada tahun berjalan. Beban yang menonjol, uang muka untuk tahun depan juga ditunjukkan di sisi kewajiban.

Baca Juga Info tentang Akuntansi Murabahah

Dapat disimpulkan dari akuntansi organisasi nirlaba bahwa terdapat beberapa pengecualian di organisasi nirlaba. Pengecualian termasuk, komponen laporan posisi keuangan lembaga non profit memiliki beberapa keunikan dengan organisasi biasa. Keunikan yang dimaksud yaitu, organisasi nirlaba tidak memiliki laporan laba rugi yang dihasilkan dalam satu periode. Organisasi nirlaba juga tidak memiliki laporan perubahan ekuitas.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kotak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply