Akuntansi manajemen sektor publik dan Perannya dalam Organisasi

Akuntansi manajemen sektor publik pada dasarnya kombinasi berbagai manajemen yang digabung menjadi satu. Berbagai manajemen tersebut meliputi penyajian dan penafsiran informasi untuk perumusan strategi, pembuat keputusan, dan pengenadilan serta perencanaan. Untuk menciptakan output yang eco-friendly, dibutuhkan juga optimalisasi penggunaan sumber daya, dan hal lain yakni pengungkapan kepada pekerja dan pemilik serta pengamanan aset.

Peran Akuntansi manajemen sektor publik

Akuntansi manajemen sektor publikPeran utama dari akuntansi manajemen sektor publik yaitu menawarkan informasi berkaitan dengan akuntansi yang relevan dan berguna bagi manajer sektor publik dalam melaksanakan pengendalian perusahaan dan fungsi perencanaan perusahaan. Berikut terdapat beberapa hal penting yang perlu digaris bawahi dalam akuntansi manajemen di sektor publik:

Simak Juga Artikel Tentang Laporan Keuangan Fiskal

Perencanaan Strategis

Akuntansi manajemen dalam tahap ini berperan untuk memberikan informasi dan data yang kredibel serta akurat (contohnya: cost of activity & cost of program) dan informasi mengenai akuntansi yang lain. Perencanaan dilaksanakan dari perencanaan strategis kemudian pengendalian yang meliputi task control atau pengendalian tugas.

Informasi Biaya

Akuntansi manajemen sektor publik juga memberikan detail atau rincian mengenai biaya. Biaya yang dimaksud adalah biaya input, biaya proses dan biaya output. Hal ini sudah menjadi informasi yang wajib diberikan karena perusahaan harus mengetahui transparasi dana dan manajemen bisa mengevaluasi biaya yang over atau under.

Investasi Penilaian Sektor Publik

Dibandingkan dengan swasta, sektor publik memiliki penilaian investasi yang lebih rumit. Jelas bahwa teknik yang dipakai dalam sektor publik juga berbeda dengan teknik swasta. Pada organisasi swasta, lebih berorientasi pada keuntungan sedangkan pada organisasi sektor publik tidak. Dalam tahap ini digunakan cost effecttiveness analysis atau analisis efektivitas biaya.

Budgeting atau Penganggaran

Terdapat tiga fungsi anggaran yakni, stabilitas, distribusi, dan alokasi sumber daya publik. Peran akuntansi manajemen sektor publik disini adalah untuk memberi fasilitas agar tercipta anggaran sektor publik yang efisien dan efektif sesuai dengan tiga fungsi yang sudah disebutkan. Pendistribusian sumber dana publik harus dilakukan secara tepat dan merata sehingga membutuhkan akuntansi manajemen sebagai alat pengalokasiannya.

Penilaian dalam Kinerja

Selain untuk pemberian informasi, akuntansi manajemen juga berguna untuk pengendalian sistem dalam organisasi atau perusahaan. Pengendalian ini dalam bentuk pengukuran seberapa efektif dan efisien sebuah organisasi dalam menggapai tujuan yang telah ditetapkan dan direncanakan.

Penentuan tarif pelayanan dan biaya pelayanan

Hal ini bisa juga disebut charging for services dan cost of services. Dalam hal ini akuntansi manajemen dimanfaatkan untuk menghitung banyaknya expenditure atau pengeluaran dalam pembuatan jasa atau fasilitas publik. Hal ini termasuk subsidi yang dikeluarkan untuk kepentingan publik. Banyak penekanan diberikan pada akuntansi dan pelaporan keuangan di bidang pengelolaan keuangan sektor publik yang tidak diragukan lagi juga diperlukan. Tetapi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, transparansi, pengambilan keputusan dan alokasi sumber daya yang optimal di sektor publik, pentingnya akuntansi manajemen tidak dibahas oleh regulator dan praktisi.

Baca Juga Info tentang Prosedur Audit Berbasis Risiko

Perencanaan dan manajemen kinerja merupakan dua komponen penting dalam akuntansi manajemen sektor publik dan dapat memainkan peran penting dalam mencapai tujuan. Terutama dalam pengurangan kemiskinan yang merupakan tujuan dari banyak organisasi pembangunan. Meskipun akuntansi dan pelaporan keuangan sangat penting untuk mencatat dan meringkas transaksi keuangan, mereka memberikan informasi yang sangat terbatas mengenai manajemen kinerja untuk entitas yang berhadapan dengan dampak output.

Apabila Saudara Membutuhkan Jasa akuntansi, jasa pembukuan, jasa auditing, atau jasa perpajakan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera dalam situs www.jasakonsultanakuntansi.com ini di bagian menu atas, kami siap menjadi partnert bisnis yang solid untuk anda.

Leave a Reply